SMAN 2 Simpang Hilir Gelar Hari Bumi



hari bumi sma pulau kumbang kabupaten kayong utara kalimantan barat

Pulau Kumbang—Kayong Utara, Hampir semua pihak yang peduli terhadap lingkungan mengenal betul apa yang dimaksud dengan Hari Bumi Sedunia. Hari peringatan setiap tanggal 22 April yang digagas oleh Gaylord Nelson pada tahun 1970 silam ini merupakan momen yang dicetuskan untuk menyuarakan pembelaan terhadap lingkungan hidup dan memperjuangkannya agar bumi ini menjadi lebih baik dan tidak tercemar.   Peringatan ini kemudian meluas ke seluruh dunia yang kemudian dijadikan oleh para aktivis lingkungan sebagai wadah untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap bumi (lingkungan).

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat agar sadar tentang pentingnya melestarikan dan menjaga lingkungan. Salah satunya seperti yang  dilakukan oleh seluruh civitas akademika SMA Negeri 2 Simpang Hilir di Kabupaten Kayong Utara pada Peringatan Hari Bumi Sedunia yang diselenggarakan pada hari Minggu, 24 April 2016. Pada momen tersebut, SMA Negeri 2 Simpang Hilir bekerja sama dengan Perguruan Silat PSHT Se-Kecamatan Simpang Hilir melakukan aksi tanam 1000 pohon di wilayah Pantai Wisata Teluk Pandan Pulau Kumbang . Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada seluruh peserta aksi untuk melakukan kerja-kerja nyata yang meskipun terlihat sederhana namun berdampak besar pada proses pelestarian lingkungan. Selain itu, kegiatan ini akan menjadi momen penting bagi pelestarian lingkungan di wilayah Kabupaten Kayong Utara, khususnya Desa Pulau Kumbang.

hari bumi pulau kumbang kayong utara 2016

Sejak pukul 06.30 siswa dan guru berbaur di halaman SMA Negeri 2 Simpang Hilir yang dijadikan tempat pembukaan kegiatan peringatan Hari Bumi Sedunia Tahun 2016. Hampir 400 orang yang merupakan gabungan dari guru, tokoh masyarakat, pelatih silat, siswa dan murid perguruan berpartisipasi dalam kesempatan tersebut. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMA Negeri 2 Simpang Hilir. Dalam sambutannya, Kepala sekolah menyampaikan kepada para peserta pentingnya membiasakan diri untuk mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan. Beliau menambahkan pula bahwa aksi tanam seribu pohon yang dilakukan pada momen tersebut akan memberikan dampak yang luar biasa baik bagi lingkungan maupun masyarakat sekitar di masa yang akan datang. Dalam kesempatan ini SMA Negeri 2 Simpang Hilir melalui Organisasi Siswa Pencinta Alam Garda Pena berkomitmen untuk mengagendakan secara rutin perawatan terhadap pohon-pohon yang telah ditanam tersebut nantinya. Sebagai penutup dalam acara pembukaan tersebut, Kepala SMA Negeri 2 Simpang Hilir menyerahkan tanaman secara simbolis kepada peserta aksi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan aksi long march para peserta dari SMA Negeri 2 Simpang Hilir ke lokasi penanaman pohon. Setelah penanaman pohon selesai,  kegiatan Peringatan Hari Bumi Sedunia tahun 2016 tersebut ditutup dengan doa bersama di lokasi Pantai Teluk Pandan. (Lembaga Pers Siswa Cendekia)

Posted on 11 Mei 2016, in adat budaya, berita, cerkong. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: