Memoar Kartini Hari Ini


guru smp 3 hari kartini di rantau panjang kayong utara sail selat karimataSebagai mana kata pepatah, Bangsa yang baik adalah bangsa yang akan selalu menghormati jasa pahlawannya. Dari itu, Setiap tanggal 21 April, menjadi agenda rutin tahunan untuk merayakan, atau memperingati Hari kartini dengan mengadakan sejumlah acara untuk mengenang Jasa para pahlawan terdahulu.

Maka tak ketinggalan Sekolah Menengah Pertama (SMPN ) 03 Simpang Hilir Desa Rantau Panjang, juga memperingati Hari Kartini dengan menggelar kegiatan berbagai lomba yang di meriahkan oleh semua kelas yang berada di lingkungan sekolah.

hari kartini di rantau panjang kayong utara sail selat karimata sAdapun lomba lomba yang di adakan tersebut adalah, Lomba kebaya kreasi putri dan busana pria, lomba tradisional, lomba gitar akustik, juga lomba cipta dan karya puisi. Para siswa siswi cukup antusias mengikuti berbagai lomba ini, selain sebagai ajang mengenang jasa Kartini, mereka juga terlihat sangat menyelami makna dari hari kartini tersebut.

Mula mula acara di buka pada pagi hari dengan didahului upacara penghormatan atas jasa jasa para pahlawan. Lalu sambutan dari Asnawi, selaku kepala sekolah SMPN 03 Simpang hilir. Dalam sambutannya ia menekankan pada siswa/I untuk meneladani sosok Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita.

hari kartini di rantau panjang kayong utara sail selat karimata

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah guna mengenang jasa Raden Ajeng Kartini, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap para siswa-siswi,” pungkasnya sebelum mengakhiri sambutan lalu kemudian sesaat khsusk ia memimpin para peserta untuk mengheningkan cipta.

Selain acara lomba dari para siswa siswi, moment hari kartini juga di meriahkan dengan para dewan guru yang menyumbangkan karya serta pusi di depan para siswa siswi. Tampak satu persatu dewan guru membacakan puisi tentang hari kartini, tampak suasana khusuk dan para siswa meresapi tiap bait bait puisi yang di bacakan oleh para guru guru mereka.

smpn 03 rantau panjang hari kartini di rantau panjang kayong utara sail selat karimata

Demikianlah hari kartini di peringati, dengan mengharap dapat menjadi teladan di zaman yang sudah semakin tergerus oleh berbagai krisis. Semoga sosok kartini juga dapat menjadi pengingat akan sesiapa wanita indonesia yang sesnungguhnya?. Bukan wanita yang lemah dan pasrah begitu saja, namun mampu untuk tumbuh dan berkembang serta maju dan setara dengan pria pria perkasa Indonesia . ( MH/ WK Team )

Posted on 21 April 2016, in berita and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: