“ANYAMAN SURAT” POTENSI DAN WARISAN KEARIFAN LELUHUR


anyaman surat bimbim sma 2 simpang hilir

Jejeran tengkalang menghiyasi teras rumah Ibu Florentina Sukan Di Desa Gema. Tengkalang yang terpajang tersebut tidak seperti tengkalang pada umumnya. Pada dinding anyaman terdapat ukiran yang sangat indah. Motif anyaman dikenal dengan “anyaman surat”. Tengkalang dengan berbagai motif dan ukuran tersebut baru selesai di gunakan untuk memanen padi dan hendak di simpan. Sebelum disimpan tegkalang harus dijemur supaya tidak rapuh.

Pemilik tengkalang Florentina Sukan menuturkan, tengkalang tersebut buatan sendiri. Dan di gunakan untuk kebutuhan sendiri. Bu floren mengungkapkan bahan mentah untuk pembuatan tengkalang ini adalah bambu jenis buluh.  Berbagai jenis anyaman sudah pernah dibuat, muali dari yang berukuran besar untuk menyimpan padi atau beras hingga yang kecil untuk menyajikan nasi.

Kerajinan dengan bahan dasar bambu, merupakan peluang besar untuk di jadikan alternative usaha. Bambu yang melimpah di Sukadana menjadi peluang bagi masyarakat dalam mengembangkan anyaman surat. Kayong utara dengan segala potensi wisata menjadi pendukung pengembangan kerajinan bambu bermotif “anyaman surat”.

Menurut ibu Florentina sukan anyaman bermotif seperti inibisa di buat dalam berbagai bentuk. Bisa dibuat dompet, kopiah, topi, tas, tempat hp, sajadah, tempat bolpen.

Memang banyak kerajina dari bamboo, namun yang bermotif seperti ini jarang di jumpai. Yang perlu diperhatikan dalam pengembangan potensi bamboo tidak hanya pada faktor ekonomi semata namun pada aspek lingkungan juga. Kerajina yang dikembangkan dari bambu bisa dijadikan alternative pemanfaatan kayu. Mengingat bambu merupakan hasil hutan bukan kayu yang pemanfaatanya diperbohkan. Semoga kerajinan dan kearifan lokal menganyam warisan nenek moyang tidak punah.

Penulis Matheus Bibin, S.Pd.

Guru SMAN 2 Sukadana

Posted on 12 Mei 2015, in Pendidikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: