Keperasi PSAS Desa Batu Barat, Untuk Kesejahteraan Anggota Atau Siapa ?


* Koperasi sawit  PSAS Desa Batu Barat Memprihatinkan.

rapat rat Koperasi PSAS Desa Batu Barat

“ Di Duga karena Carut Marut dan salah urus, Koperasi PSAS (Petani Sawit Adil Sejahtera Desa Batu barat), menuai kecaman dari anggota koperasi. Namun di belakang hari setelah kecaman itu bertubi tubi, kini kado untuk Junaidi Faslah, Ketua Lama Koperasi Terpilih Kembali ”.

Rapat pergantian pengurus yang di laksanakan pada tanggal 31 Maret 2014 di gedung serba guna Desa Batu Barat di lakukan dalam upaya penyegaran dan evaluasi serta introspeksi atas kepengurusan koperasi yang telah berlangsung selama Lima Tahun.

Rapat Koperasi PSAS  mengundang Dinas Perindstrian Dan Perdagangan Kabupaten Kayong Utara, Kepala Desa Batu Barat dan perangkatnya beserta Anggota.

Asri dalam prakatanya mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kayong Utara bahwa pemerintah akan melakukan pembinaan termasuk juga evaluasi, mengenai koperasi PSAS Desa batu Barat.

Junaidi Faslah, sebagai Ketua koperasi perideo 2010-2015 dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan Laporan pertanggung jawabannya di dahadapan para anggota koperasi. ia meminta maaf apabila dalam periode kepengurusannya, anggota merasa tidak puas dan terdapat banyak kekurangan.

Japrita sebagai Bendahara Koperasi PSAS masa khidmat 2010 – 2015, memberikan laporan pertanggung jawaban keungan. Dengan nada pasrah ia mengakui kelemahannya selama menjadi bendahara Koperasi PSAS. dengan berbagai keterbatasan Sumber daya yang di miliki serta ketidak tauannya mengenai administrasi. Berkali kali ia juga meminta maaf apabila terdapat banyak anggota koperasi yang merasa tidak puas atas pelayanananya.

Rapat Koperasi PSAS Desa Batu Barat _DSC0477 kecamtan simpang hilir

Walaupun yang hadir dalam rapat tidak sampai 50 %, namun rapat tetap di lanjutkan, sebab menurut Jusni sebagai Badan pengawasan Koperasi PSAS menyatakan, bahwa kehadiran tidak bakalan dapat di penuhi lebih dari 60 % sebab, pemilik Plasma kebanyakan sudah menjual ke pihak ke tiga, kecuali pihak ke tiga tersebut ikut di undang.

Jusni sebagai kapasitas Badan Pengawasan dalam forum tersebut juga menyoroti kinerja Pengurus Koperasi PSAS periode 2010-2015. Secara tersirat dari point yang ia sampaikan, Jusni menilai kepengurusan Koperasi PSAS yang sudah berakhir tersebut sangat mengecewakan. Carut marut management dan administrasi serta kurangnya komunikasi membuat keberadaan Koperasi PSAS semakin buruk di mata para anggotanya. Papar Jusni

DISPERINDAGKOP selaku Dinas pembina Koperasi yang ada di Kabupaten Kayong Utara melewati Bernad yang juga hadir pada waktu itu, sangat prihatin atas fenomena yang terjadi di koperassi PSAS batu Barat. Dengan nada sedih ia memberikan ilsutrasi serta penjelasan panjang lebar. Beberapa saat, sempat hening dan lengang di ruangan yang awalnya memanas dan penuh sesak tersebut. sepertinya semua orang yang ada di alam ruangan tersentuh oleh pemaparan dari Bernad.

Bernad mengaku sudah puluhan Tahun membina Koperasi. dari mulai Provinsi hingga Kabupaten. Namun yang paling sedih ia melihat fenomena Koperasi PSAS yang ada di Batu Barat. Ia sedih karena Koperasi tidak dapat memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, sehingga para anggota banyak yang menjual Plasma mereka, hal ini di akibatkan karena Koperasi tidak dapat membina dan menjaga anggotanya. “kalau begini saya juga merasa sedih, karena jika koperasi PSAS ini tidak berhasil, maka saya juga di nilai gagal membina Bapak dan Ibu semua”. Ungkap bernad dengan nada pilu.

Memang tidak dapat di pungkiri, bahwa sesungguhnya Banyak anggota Koperasi PSAS yang merasa tidak puas dengan kepengurusan yang ada. Hal tersebut terbukti saat forum dialog di buka, sontak saja puluhan orang yang sudah tidak sabar ingin bertanya mengangkat tangan mereka untuk mengajukan pertanyaan. Bahkan sebelum dialog di mulai sudah banyak teriakan teriakan tidak puas dari warga yang di lontarkan kepada kepengurusan yang lama.

Salah seorang anggota koperasi dalam forum tanya jawab tersebut menggugat, mengenai pertanggung jawaban keuangan oleh pengurus yang nilainya cukup Fantastis. Ia merasa kecewa sebab selam ini menurutnya ketika ia ingin meminjam saja ia tidak bisa, padahal dirinya adalah anggota koperasi. “ saya pokoknya menuntut pengembalian uang kas koperasi hari ini juga ”. Tegasnya mengakhiri gugatanya.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Batu Barat, Ahmad Yani dalam forum tersebut juga menyampaikan saran pendapat. Ia mengungkapkan bahwa demi kemajuan Koperasi PSAS dan kesejahteraan anggotanya, ia berharap supaya Ke depan pengurus yang di pilih untuk dapat membenahi berbagai hal, terutama menganai system serta administrasi Koperasi PSAS yang di nilai carut marut. Yang paling penting juga adalah bagaimna ke Transparanan dari pengurus kepada anggotanya. Semua hal hal yang berkaitan dengan keuangan serta kebijakan hendaknya harus di rembukkan bersama sama. Semua itu semata mata ia berharap untuk kemajuan Koperasi PSAS Batu Barat demi kesejahteraan anggotanya.

Rapat sempat terhenti karena ricuh. Ketegangan yang di picu terungkapnya salah satu Oknum Panitia pemilihan Desa yang  terlibat meminjam Uang beberapa tahun silam akhirnya bisa di redam, dan rapat pun di lanjutkan.

Kesimpulan rapat pada saat itu adalah sebagai berikut ; pengurus koperasi PSAS masa Khidmat 2010 – 2015 minta tempo untuk dapat mengembalikan uang kas selama dua bulan, terhitung dari mulai tanggal 31 Maret. Point berikutnya adalah menunda pemilihan pengurus, sebab pada saat itu suasana di nilai tindak kondusif, sehingga yang di lakukan adalah pembentukan panitia pemilihan saja.

rapat RAT Koperasi PSAS Desa Batu Barat kecamatan simpang hilir kabupaten kayong utara kalimantan barat indonesia

Pemilihan Pengurus PSAS

Setelah pemilihan pengurus sempat tertunda, akhirnya pada tanggal 5 april 2015, panitia pemilihan pengurus koperasi dengan di hadiri oleh kepala Desa serta pihak keamanan pemilihan di lakukan dengan voting.

Walaupun pada pertemuan sebelumnya, para anggota menilai pengurus lama tidak memuaskan. Namun pada kali ini kenyataanaya berbeda, sebab pengurus lama masih kembali memimpin. Junaidi Faslah sebagai ketua Koperasi PSAS periode sebelumnya, kini terpilih kembali.

Walaupun sebenarnya angka tertinggi adalah orang lain, namun karena kesepakatan bersama, bahwa pengurus koperasi tidak boleh rangkap jabatan, maka yang bersangkutan di beri pilihan dan akhirnya ia memilih untuk mundur dari Ketua terpilih. Dengan demikian maka Junaidi Faslah yang mendapat suara tertinggi, kembali memimpin Koperasi PSAS Desa Batu Barat.

Selain Junaidi Faslah, pengurus lain yang terpilih adalah, M hartono, Syahrol, Hartono, dan Murdani.

Kepala Desa Batu Barat Dalam penjelasannya sangat mengarapkan kepada pengurus koperasi terpilih agar dapat  bekerja sungguh sungguh dan bekerja sama antara Desa, Perusahaan Dan Masyarakat. Semua harus di lakukan dengan mufakat dan cara cara kekeuargaan.

Junaidi Faslah Ketua Terpilih , saat kami konfirmasi melalui via telpon menyatakan, akan segera kembali rapat dan merancang program ke depan supaya Koperasi PSAS Batu Barat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kepala DISPERINDAGKOP Kayong Utara, Azahari Asnan melalui saluran telpon menjelaskan, bahwa ia selaku pihak Pembina di Kabupaten berjanji akan memberikan peran sesuai dengan aturan dan Tugas serta fungsi pokoknya selaku dinas yang membidangi. Dan ia akan memediasi para pengurus serta pihak yang berkompeten di Desa Batu Barat untuk dapat duduk satu meja dengan tujuan supaya Koperasi PSAS di Batu Barat menjadi lebih baik dari masa lalu.

Semoga saja rentetan peristiwa tentang perkoperasian sawit yang pertama kali di bentuk di kayong utara ini menjadi bahan pelajaran bagi koperasi koperasi yang lainnya. Sebab tidak menutup kemungkinan hal yang sama terjadi. Kisruh dulu baru setuju, ribut dulu baru bersatu. Itulah kebanyakan yang terjadi, sedapat mungkin hal demikian di minimalisir. Kata kuncinya adalah, “management yang profesional”. Untuk mewujudkan itu perlu orang orang yang berkompeten dalam bidangnya. (MIFTAHUL HUDA)

Posted on 30 April 2015, in Kasus and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: