Tertarik Hasil Hazton Sedahan, PPL Ketapang Bertandang


hazton sedahan jaya kayong utara, warta kayong

Tertarik dengan hasil panen padi program Hazton Sedahan Jaya, pekan lalu, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Ketapang datang bertandang.

Rombongan berjumlah 30 orang tersebut, dipimpin oleh Suandi, S.PKP. Suasana hujan deras, tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap datang ke Sedahan. Di kantor desa, Kepala Desa, PPL dan warga Sedahan telah menanti.

Setalah acara ramah-tamah, acara selanjutnya sharing antara PPL Sedahan dan PPL Ketapang. Budiman, PPL setempat menjelaskan panjang-lebar tentang cara dan teknologi yang diterapkan petaninya di lapangan. Sehingga hasil panen musim rendengan 2014, membuahkan hasil yang luar biasa.

Hasil panen padi program Hazton Sedahan, memecah rekor di Kalbar. Di Peniraman Kabupaten Pontianak, hasil ubinan mencapai 14 ton/hektar. Sedangkan di Sedahan Jaya Kabupaten Kayong Utara (KKU), hasil ubinan di lokasi percontohan seluas 5 hektar, mencapai angka 16 ton/hektar Gabah Kering Panen (GKP). Dan 12,4 ton//hektar Gabah Kering Giling (GKG).

(warta pertanian) Budiman PPL Sedahan Jaya, di lokasi demplot Haston
Varitas padi yang dikembangkan pelaku utama (petani) Sedahan, yaitu Inpari 6. Semi organik, yaitu 50 persen kimia dan 50 persen organik. Dengan Decoprima komposter utamanya.

Mendengar kabar keberhasilan Sedahan, Suandi dan rekannya tertarik untuk datang ke Sedahan. Selain ingin tahu cara budidaya atau perlakuannya, juga ingin melihat langsung ke lapangan kondisi lahan dan padi yang dikembangkan.

“Alasan mengapa kami datang ke Sedahan? Karena kami tertarik dengan keberhasilan Sedahan dalam mengembangkan program Hazton,” ungkap Suandi pada WK bersemangat.

Menurut Suandi, dengan ke Sedahan, setidaknya mereka bisa mengambil pelajaran untuk merekan bawa pulang ke tempat mereka masing-masing. Untuk dapat diterapkan di lapangan, tempat mereka bertugas.

Rencananya, musim rendengan tahun ini, Ketapang akan mengembangan program dengan nama “Gerakan 1.000 Hektar Hazton”. Dengan studi banding ke Sedahan, harapannya, mereka mendapatkan gambaran, bagaimana cara mengembangkan program yang baik dengan produksi tinggi, ungkap Suandi.

Ada yang menarik disini, lanjut Suandi. Disini, sinergisitas antara Kepala Desa, PPL dan petani sangat tinggi. Tiga komponen ini saling mendukung satu sama lainnya. Jadi wajar, jika Sedahan memiliki prestasi yang gemilang di bidang pertanian.

Setalah ramah-tamah dan berdialog tentang program Hazton di Gedung Serba Guna Desa Sedahan Jaya. Usai makan siang bersama, rombongan langsung menuju ke lokasi demplot Hazton, berjarak lebih kurang 100 meter dari kantor desa.

Decak kagum tergambar dari wajah rombongan Suandi. Diantara mereka ada yang berjalan mengitari sawah demplot. Ada yang berphoto, mengabadikan momen tersebut. Ada berdialog serius dengan Jamli, salah satu pelaku utama pengelola lahan demplot Hazton Sedahan Jaya. (Has)

Posted on 29 April 2015, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: