Memahami Sebuah Perbedaan


Oleh  Jakpar.IB ( Kesbangpollinmas Kayong Utara )

Oleh : Jakpar.IB ( Kesbangpollinmas Kayong Utara ).

Perbedaan  dalam arti singkat dapat dipahami dengan ketidaksamaan antara satu dengan yang lain. Walaupun perbedaan itu sering kali menjengkelkan, namun tidak ada yang mempunyai hak untuk menghilangkan perbedaan tersebut. Justru dengan perbedaan itulah dapat dirasakan indahnya hidup ini. Perbedaan adalah fitrah penciptaan yang akan selalu ada dalam berbagai aspek kehidupan yang sering timbul setiap saad tanpa memandang status seseorang. Perbedaan adalah sunnatullah  yang berlaku bagi manusia dan alam semesta. Oleh karena itu, tidak ada seorangpun yang bisa menghilangkannya.Apabila tak ada perbedaan, tidak menutup kemungkinan semua orang di dunia ini tidak akan hidup. Bayangkan saja, jika semua menjadi pengusaha tanpa ada yang menjadi karyawan, maka roda ekonomi tak akan berputar. Hingga akhirnya semua mati kelaparan karena tak ada pemasukan apapun karena tak ada yang bekerja. Dan juga tak ada pengeluaran karena tak ada yang menjadi pedagang. Atau mungkin alam melaksanakan tugasnya sebagai penyeimbang.Siapa yang bisa bertahan lebih lama dialah yang menjadi semakin sukses. Dan siapa yang bangkrut lebih awal, dia akan menjadi karyawan di perusahaan lainnya yang belum bangkrut. Dan lama kelamaan semua menjadi seimbang kembali karena berbeda.

Hal itu membuktikan bahwa perbedaan adalah dasar dari segalanya. Bahkan, Tuhan menciptakan semua makhluknya juga berdasarkan perbedaan. Tuhan menciptakan makhluk, bukan menciptakan Tuhan lagi.Semua orang pasti mengakui bahwa perbedaanlah yang membuat mereka bahagia. Sebagai contoh, jika semua orang di dunia ini dijadikan berjenis kelamin pria semua atau perempuan semua dalam satu generasi saja, umat manusia sudah punah.

Hal pertama yang bisa dilakukan saat menghadapi perbedaan adalah berterima kasih pada perbedaan. Karena perbedaan pula yang sanggup mengangkat derajat seseorang. Jika semuanya menjadi presiden, maka tidak akan terbentuk sebuah Negara, karena tidak ada yang menjadi rakyat. Para rakyat justru yang lebih berarti. Karena tanpa adanya rakyat, pejabat tidak akan bisa menduduki kursi parlemen. Hal itulah yang membuat kita harus berterimakasih pada perbedaan.

Hal kedua yakni mensyukurinya. Perbedaan adalah anugerah yang tak dapat dirasakan kenikmatannya secara langsung. Namun jika dipikir lebih dalam lagi, perbedaan memiliki fungsi yang sangat besar. Walaupun kadang perbedaan itu sendiri yang mendiskreditkan dirinya sendiri, tetapi  perbedaan yang hadir tetap patut disyukuri.

Hal ketiga yang bisa dilakukan adalah membiarkannya  saja. Terutama saat menghadapi permasalahan yang disebabkan karena adanya perbedaan. Karena sejatinya perbedaan adalah proses alamiah untuk penyeimbangan kembali keadaaan yang sudah dirusak oleh campur tangan manusia. Misalkan saja permasalahan antara si miskin dan si kaya. Si miskin kekurangan kebutuhan dan si kaya tidak peduli dengan keadaan si miskin. Pada suatu saat dalam keadaan tertentu si miskin akan termotivasi untuk berjuang keras agar menjadi seperti si kaya. Lambat laun si miskin tidak akan menderita lagi dan semua menjadi makmur.  Jika telah sampai waktunya nanti, semua pasti akan kembali normal.

Hal keempat dan yang terpenting yakni menghargai perbedaan. Tidak sepatutnya semua orang bersikap seperti Pigmalion, seorang pematung Yunani yang sangat spesifik dalam memilih pasangan hidupnya. Semua kriteria yang dia temui dalam diri semua wanita tidak ada yang tepat menurutnya. Hingga pada akhirnya dia berhasil membuat patung yang sangat persis dengan kriteria wanita idamannya. Namun apa daya, wanita itu hanyalah sebuah patung tak bernyawa. Begitulah jika seseorang kurang menghargai perbedaan. Sedangkan cara menghargai perbedaan yakni dengantidak menganggapnya  sebagai sesuatu yang buruk atau harus disingkirkan.

Perbedaan bukanlah masalah. Perbedaan juga bukan penghalang manusia untuk  hidup bersama. Perbedaan tidak sertamerta membawa kepada perpecahan dan perceraian. Perbedaan mewujud untuk menjadi pendorong manusia agar saling mengenal dan memahami. Setiap manusia itu berbeda. Karena itulah manusia unik. Setiap manusia itu tidak sama, karena itulah manusia menjadi utama. Tidak ada yang salah dengan semua ini. Yang salah adalah bagaimana cara kita memandang perbedaan tersebut, sikapilah sebuah perbedaan itusuatu yang bisa memberikan kenyamanan tersendiri suatu saat nanti. menghargai sebuah perbedaan berarti menerima realitas takdir. Menghargai perbedaan berarti menunjukan kepahaman akan sunatullah dan iradah-Nya. Menghargai perbedaan juga merupakan bentuk syukur kita pada kondisi kita yang sekarang dan harapan kita akan kebaikan dimasa datang.“BERSAMA TIDAK HARUS SAMA“ !!!

Posted on 8 April 2015, in Opini and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: