Misteri Sungai Kali Alam Seponti


 

 

 

 

 

 

misteri--Misteri Sungai Kali Alam angker sei sepeti _podo rukun_ banyu abang_ wonorejo_telaga arum_Seponti--ok 2015

Foto :  Kali alam seponti (SUNGAI)

Sungai Kali Alam boleh disebut sebagai salah satu sungai yang sangat terkenal bagi kalangan masyarakat Seponti. Pasalnya sungai ini menjadi jalur transportasi pada masa lalu saat transmigrasi pertama dirintis.

Sungai Kali Alam ini melintasi semua desa di kecamatan Seponti, mulai dari Durian Sebatang, kemudian Paket 6 Desa Sungai Sepeti, Paket 5 UPT 9 Desa Telaga Arum, Kemudian melewati paket 4 Desa Wonorejo, terakhir melintasi desa Podorukun Paket 3. Pembatas panjangnya, yakni Desa Banyu Abang Paket 2 sebagai desa perlintasan sepanjang sungai Kali Alam.

Sekitar tahun 1989, ketika Seponti belum berjaya seperti masa kini, kondisinya masih terisolir. Belum ada jalur darat yang dekat menghubungkan ke ibukota kecamatan. Kala itu, Seponti dan Teluk Batang masih menginduk di kecamatan Simpang Hilir.

Saat temaramnya rembulan malam, ketika itu penulis masih Balita, baru berusia 5 tahun. Penulis berada dalam dekapan almarhum sang bunda ketika menyeberang di sungai Kali Alam dari Paket 4 Desa Wonorejo ke Paket 2 desa Banyu Abang. Sungai Kali Alam yang berkelok kelok membawa kami ke dermaga lama dekat masjid TR 19 Desa Banyu Abang.jembatan angker kali alam _telaga arum_Seponti--ok 2015

Foto : Jembatan Kali alam seponti 

Suasana cukup mencekam tak satupun penumpang di perahu yang kecil itu bersuara. Semua larut dalam alam bayang-bayang kengerian, bahkan saat itu penulis sendiri, walaupun masih kecil sudah dapat merasakan bagaimana aroma mistis yang mengiringi kepergian kami saat itu.

Hanya suara gemerincing dayung sampan berkecibak air yang terdengar. Sambil sesekali penulis memperhatikan beberapa orang komat-kamiT merapal bacaan ayat suci Alquran yang sebagai peneguh hati mereka.

Memang sungai Kali Alam dahulu dengan sekarang kondisinya sangat berbeda. Dulu hanya ada satu jembatan. Itupun hanya melintasi Telaga Arum sebagai penghubungnya. Lalu saat ini di semua desa perbatasan sudah terdapat jembatan penghubung.

jalan menuju jembatan kali alam yang angker di telaga arum kecamatan seponti kayong utara 2015

Foto : Jembatan Kali alam seponti 

Hingga saat ini sungai kali alam masih terkenal dengan legenda makhluk penunggunya, yakni perwujudan buaya putih. Beberapa orang sering dijumpai dalam penampakan tersebut, bahkan tidak tanggung-tanggung, buaya tersebut berjejer panjang dari hilir sungai hingga ke hulu.

Satu di antara pedagang Seponti yang sering berlalu lalang melewati sungai Kali Alam, Wandi mengungkapkan ketika larut malam dirinya pulang sudah biasa mendengar suara dan penampakan mahluk astral tersebut. “Niat saya yang penting tidak mengganggu mereka. Saya hanya permisi numpang lewat cari rezeki,” ungkapnya kepada Warta Kayong.

Menurut kisah dari salah satu tetua, sungai Kali Alam ini memang cukup kental dengan aura mistis. Ia berpesan agar setiap orang yang berkunjung tidak tertipu dengan arus air yang tenang karena ketenangan arusnya bisa mematikan jika pengunjung tidak hati-hati.

Ada banyak kisah misteri yang terjadi di sini. Salah satu kisah yang banyak dipercaya adalah kemunculan misterius sejumlah hewan dari dalam sungai. Yakni buaya putih, se ekor naga yang tiba-tiba muncul dan menghilang begitu saja.

Untuk seekor naga, konon aslinya adalah penunggu Gunung Batu Bing yang berada di Paket 3 desa Podorukun kecamatan Seponti, KKU. Saat-saat tertentu ia akan ke kali alam. Banyak warga yang percaya bahwa hewan-hewan misterius tersebut adalah perwujudan dari makhluk halus yang mendiami sungai Kali Alam. Terlepas dari benar tidaknya kisah-kisah misterinya namun sampai sekarang ini semua kisahnya belum dapat terpecahkan. (MIFTAHUL HUDA)

Posted on 29 Maret 2015, in Misteri and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Kalo cerite tentang jangkar dan kapal emas nyan bujor dak e bang ?

  2. Bang bisa bantu sya 20thn hilangkontak dgn sodara sy nama bpk tarmidi/ ibu yumi alamat tr 14b paket 5 ni no tlp sy 087883951617 mohon bantuanya bang agar sodra sy bs menghubungi dwi suprapto jateng trimksh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: