Yong Saad Juru Kunci Sungai Meledang


Yong saad barang antik dari wangsit,  juru kunci sungai meledang tanjung satai pulau maya

 

“Kabar itu datang melalui wangsit “.

Orang orang biasa memanggilnya Yong saad, Ia tinggal di Desa Kemboja Kecamatan Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara. Usianya sudah beranjak 50 Tahun. Ia tinggal di gubuk sederhana bersama satu orang isteri dan 4 Orang Putra Putrinya.

Kehidupan sehari harinya normal sperti kebanyakan orang, beraktivitas mencari rezeki dengan berladang dan berkebun. Namun di sisi lain ia mendapat anugerah kepercayaan berdasarkan wangsit untuk dapat mengetahui sesuatu yang tidak dapat di ketahui oleh orang lain.

Barang antik (Barang Lama) yang banyak di cari dan buru orang, bagi yong saad tidak begitu sulit untuk di dapatkan. Sebab ia kerap kali mendapatkan  wangsit ( Ilamat, begitulah yong saad menyebutnya. Ilamat atau wangsit itu sering datang padanya, rata rata wangsit datang memberi kabar mengenai keberadaan barang antik.

Dan anehnya, setiap kali ia mendapatkan wangsit yang biasanya datang lewat mimpi, istri dan anaknya biasanya juga mendapatkan wangsit yang sama melalui mimpi.

Menurut penuturan yong saad, ketika wangist itu datang, maka ia tidak boleh untuk menundanya lagi. Jika malam ia datang maka malam itu juga ia harus datang ke tempat yang di maksud dalam wangsit tersebut. tidak ada ritual khusus untuk mengambil barang antik atau barang lama itu. Hanya saja pantangannya tidak boleh membawa barang besi tajam.

Di kisahkan oleh yong sa`ad waktu pertama kali wangsit itu datang pada mimpinya adalah berupa 3 cahaya bulat berwarna kuning, putih dan hijau. Lalu dari ketiga cahaya itu seakan akan bersuara dan memberikan kabar mengenai keberadaan benda antik. Lalu cahaya yang lain juga bersuara untuk memberikan restu padanya untuk mengambil barang tersebut.

Kebanyakan benda antik yang di temukan yong sa`ad berada di lokasi sungai meledang dan sekitarnya. Sebenarnya banyak juga barang antik di tempat lain, bahkan juga hingga di luar pulau. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga ia tidak sempat untuk mengambilnya.

Bahkan akhir akhir ini yong sa`ad juga sudah mendapatkan wangsit/ ilamat. Namun kini  karena keterbatasan fisiknya yang sudah semakin tualah yang membuat ia tak mampu lagi memburu barang tersebut.

sudah ada lebih dari 73 jenis barang antik yang di temukannya melalui wangsit. Namun kini barang barang itu sudah banyak yang berpindah tangan, dengan di berikannya ke orang lain dengan sedikit imbalan.

Ia memang tidak menjual barang antik itu, namun ia juga tidak tega jika ada orang yang naksir dengan barang tersebut untuk di miliki. Ia tidak mau menentukan mahar apalagi harga. Maka tinggal pandai pandai pembelilah menghargainya.

Jumah, yakni istri dari yong saad mengaku sudah sering di datangi oleh orang orang berbagai macam ragam. Dari mulai berjanji, merayu bahkan menipu. Namun apa daya, Jum`ah hanya bisa pasrah tanpa bisa melacak kemana dan di mana orang yang telah mengelabuinya.

Ada satu barang antik yang sangat di sayangi oleh keluarga yong saad, yakni gentong kecil yang sudah tua dan retak. Ia mendapatkan juga melewati wangsit. Gentong kecil  yang sudah usang itu retak berjahit dari asalnya ia dapatkan. Untuk barang yang satu itu ia benar benar merawa dan menyimpannya dengan baik.

Menurut Abdul Rahman, salah seorang pemerhati sejarah pulau maya. ia menyatakan bahwa pada zaman dahulu kala bisa jadi ada orang orang yang pernah tinggal di sungai Meledang dan sekitarnya. Hal itu menurutnya bisa di buktikan dengan di temukannya pancang kayu nibung yang masih utuh di bawah tanah. Walauoun belum di temukan catatan khusus menegnai siapa yang pernah tinggal di pulau maya zaman itu. Namun penemuan barang antik oleh yong saad itu adalah salah satu bukti peninggalan masa lalu. (MIFTAHUL HUDA).

 

Posted on 26 Maret 2015, in Misteri and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: