Mau Lulus UAN ? . Berikut Tips Dan Triknya.


tasfirani disdik kayong utara kalimantan barat  2015

Oleh : Taspirani

 Tak lama lagi para siswa di Tanah Air akan menghadapi ujian nasional 2015 untuk tingkat SMA/SMK, SMP, dan SD. Tahun ini, pemerintah tak lagi menjadikan nilai UN sebagai parameter satu-satunya kelulusan seorang siswa. Selain itu, Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah mulai mencoba sistem UN 2015 berbasis komputer untuk meminimalkan berbagai kecurangan yang terjadi saat UN. Misalnya, soal dan kunci jawaban bocor.

Meski tak lagi menjadi indikator utama kelulusan, siswa tetap perlu mempersiapkan diri agar berhasil menghadapi ujian. Pola lama menghadapi ujian, misalnya sistem kebut semalam menjelang ujian, pastinya tak mujarab untuk kelulusan.
Butuh persiapan dan perencanaan untuk dapat menyelesaikan soal ujian dengan tepat dalam waktu yang sudah ditentukan. Berikut ini yang bisa siswa terapkan dalam menghadapi UN 2015.

  1. Jadwal

Jadwal belajar adalah elemen paling penting agar berhasil menghadapi ujian. Bila Anda adalah siswa yang baik tapi tidak memiliki jadwal belajar yang baik untuk persiapan ujian, Anda tak dapat melakukan yang terbaik saat ujian. Karena itu, pastikan memiliki jadwal belajar yang baik.

  1. Suasana tenang

Usahakan belajar di tempat yang tenang dan cocok untuk belajar. Bila Anda belajar di lokasi yang tenang, Anda bisa berkonsentrasi penuh. Dengan demikian, apa yang dipelajari bisa dengan cepat terserap dan Anda tak akan mudah lupa.

  1. Waktu seimbang

Ada beberapa mata pelajaran yang diuji saat menghadapi ujian, termasuk ketika ujian nasional 2015. Bijaklah mengatur waktu dan perhatian untuk semua pelajaran yang diujikan. Sebab, bila hanya berfokus pada satu atau dua pelajaran, Anda akan keteteran menghadapi ujian pelajaran lainnya. Berikan perhatian yang merata untuk semua mata pelajaran.

  1. Buat catatan

Buat catatan ketika belajar. Hal ini berlaku untuk semua pelajaran yang Anda pelajari. Catat hal-hal penting yang menurut Anda akan diuji saat tes. Alangkah baiknya bila Anda bisa membuat cara singkat untuk mengingat pelajaran yang Anda pelajari, sehingga mudah diingat.

  1. Latihan

Latihan contoh soal sangat penting agar Anda mengetahui kemampuan diri dalam menyelesaikan suatu tes. Dari latihan mengerjakan soal juga bisa diketahui kelemahan, sehingga Anda bisa memperbaiki kekurangan sebelum ujian berlangsung.

  1. Jangan belajar menjelang waktu ujian

Sebaiknya Anda tak lagi belajar ketika jam ujian akan mulai. Ini akan membuat pikiran Anda tak fokus. Sebaiknya belajarlah sebelum ujian, bukan saat hari ujian. Disarankan Anda santai saat hari ujian, tertawa dan berbincang dengan teman-teman sehingga Anda tidak stres.

  1. Tarik napas

Sebelum mengerjakan soal, tarik napas dalam-dalam. Ini membuat detak jantung normal dan Anda lebih tenang menghadapi soal ujian. Dengan demikian, Anda bisa menulis semua yang Anda ketahui saat menjawab soal ujian.

  1. Jawaban

Saat mengerjakan soal ujian, buatlah jawaban yang singkat dan tepat serta padat. Anda bisa membuat poin-poin dari jawaban dan menjelaskan setiap poin secara singkat dan padat. Hal ini perlu untuk soal yang memerlukan jawaban berupa penjelasan.
Lembar jawaban yang menarik, tersusun, akan membuat penguji merasa senang saat memeriksa jawaban Anda.

Posted on 26 Maret 2015, in Pendidikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: