Di Kelas Belajar Di Luar Menanam


Di Kelas Belajar Di Luar Menanam sma 2 sukadana

Puluhan batang pohon berbagai jenis seperti Kedabu, Api-Api, Tanjung Gaharu, Kelapa  tumbuh subur di lingkungan sekolah. Pohon- pohon tersebut di tanam dilingkungan halman SMA Negeri 2 Sukadana, Desa Sejahtera Kec. Sukadana. Kab. Kayong Utara. Mulai dari halaman depan, halaman samping, dan halaman bagian dalam sekolah. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat (20/2)

“saye menamnam pohon-pohon nin atas dasar kesadaran dirik saye am, bukan karena hukuman atau sangsi dari sekolah’ demikian ungkap nurahman siswa kelas xii ipa menjelaskan saat ia menanam. Senada dengan temannya, Leo Kandaris,bersama tiga temannya ( Agus Asiah Juliana, siswa kelas xi ips 2, SMAN 2 sukadana), dan jugan mengungkapakn bahwa,pohon- pohon yang kami tanam ini adalah bentuk kecintaan kami terhadap sekolah. Selain itu penanaman pohon ini juga bentuk implementasi dari mata pelajaran geografi tentang pelestarian lingkungan hidup.

Penanaman lingkungan sekolah sebagai program penghijauan lingkungan sekolah tersebut dilakukan setiap hari Kamis dan Sabtu. Hari kamis sore dipilih karena di pagi hari belajar teori dan di sore hari langsung menanam, serta sabtu sore.

Lingkungan sman 2 tidak bisa dihijaukan dengan semua jenis tanaman. Hal ini di sebabkan lingkungan sekolah merupakan rawa. Sehingga tanaman yang dipilih haruslah sesuai dengan lingkungan rawa atau habitat rawa. Penghijauan pada bagian depan dilakukan oleh siswa kelaas xi ips dengan memilih pohon endemik rawa yaitu pohon  kedabu  dan api-api. Sedangkan bagian dalam sekolah ditanam dengan pohon kelapa hibrida. Kelapa jenis ini bisa tumbuh di tanah rawa berair asin. Selain itu batangnya tidak terlalu tinggi, sehingga cocok untuk penghijauan lingkungan sekolah.

Menanam pohon memang sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, namun arti pentingnya adalah menumbuhkan semangat peduli lingkungan kepada generasi muda. Semoga semakin banyak pelajar yang perduli akan lingkungan hidup. Tidak hanya mendapat materi di kelas namun melakukan pelestarian lingkungan hidup secara nyata, walaupun menanam hanya  satu batang pohon untuk 1 minggu. Kalau ini dilakukan oleh semua siswa maka alangkah besarnya jumlah pohon yang ditanam dalam satu tahun pelajaran.

Penulis

Matheus bibin,s.pd

Guru geografi sman 2 sukadana

 

Posted on 26 Maret 2015, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: