Adat Budaya Buka Lawang


budaya--Adat Budaya Buka Lawang--ok

Kabupaten Kayong Utara terdapat berbagai suku dan budaya. Pada upacara adat Melayu, misalnya acara Khatamul Qur’an  dan acara pernikahan sering di adakan acara “buka lawang”. Yaitu berupa acara akraksi-atraksi  para pesilat yang bertujuan untuk menghibur para penonton.

Acara “buka lawang ” ini di menggunakan dua pesilat maupun lebih. Sebagian menunggu di tenda tempat di selenggarakan acara, sedangkan yang lainnya mengikuti arak-arakkan.

Dalam arak-arakkan itu, rombongan pesilat berhenti di depan tenda tempat diselenggrakannya  acara. Kemudian melakukan atraksi silatnya yang diiringi suara musik tar yang berdentum  indah. Biasanya diakhiri dengan menangnya  pesilat pendatang.budaya--Adat Budaya Buka Lawang--ok sedahan 2015

Di kediaman Rosdianto VJ, Sabtu, 7 Maret 2015 di desa Munting kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara (KKU), dalam acara Khamatul Qur’an anaknya diadakan acara “buka lawang ” ini. Menghadirkan

para pesilatnya adalah muda mudi yang bernama Muhammad Nuh, Arifin, Robi dan Irgi Achmat Fahreji. Bertindak sebagai penjaga pelaminan adalah Robi dan Ergi Achmat Fahreji.  Anak-anak hingga orangtua bersorak-sorak melihat aksi para pesilat.

Setelah pesilat selesai memperagakan atraksinya, orang yang diarak dipersilakan masuk dan acara Khamatul Qur’an dilaksanakan.

Budaya ini hampir hilang di kalangan masyarakat karena telah gugurnya para sesepuh pada dulunya yang membudayakan acara ini. Hal ini menjadi pekerjaan rumah buat para remaja-remaja, agar  budaya “buka lawang” tidak hilang dan diakui oleh bangsa lain. Walau bagaimanapun remaja adalah  penerus untuk  kemajuan budaya bangsa di esok harinya. (ROBY)

Posted on 22 Maret 2015, in adat budaya and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: