Reses Dewan di Desa Masbangun dan Teluk Batang Utara


reses burhan dprd-Reses-Dewan-di-Desa-Masbangun-dan-Teluk-Batang-Utara-ok

//FOTO: Anggota DPRD KKU Burhan (tengah) di kegiatan reses di desa Masbangun kecamatan Teluk Batang, Senin (16/2). HUMAS DPRD KKU

  SUKADANA—Desa Masbangun, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara (KKU), baru saja melakukan musyawarah dan rencana pembangunan (Musrenbang). Dihadiri anggota DPRD KKU dari desa Masbangun, Burhan, Senin (16/2).

“Mungkin ada warga desa masih belum memahami apa itu reses. Kami meminta ke bapak Burhan selaku anggota DPRD KKU, bisa menjelaskan kepada masyarakat apa itu reses, sekaligus bisa memberikan pemahaman ke masyarakat mengenai undang-undang nomor 6 tahun 2014 (UU 6/2014) tentang desa dan peraturan pemerintahnya,” kata Sutino, Kepala Desa (Kades) Masbangun yang juga mantan guru Sekolah Dasar (SD) dari Burhan.

Anggota Badan Anggaran (Banang) DPRD KKU, Burhan menerangkan reses adalah masa istirahat anggota dewan dari persidangan untuk menjaring aspirasi masyarakat. Reses ini tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap anggota legislatif. Tujuan reses guna menyerap aspirasi warga, terkait usulan pembangunan dan evaluasi hasil pelaksanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Kita harapkan masyarakat membantu pemerintah dan dewan mengawasi program atau kegiatan pemerintah, supaya tidak terjadi kebocoran anggaran. Kita mendambakan sebuah pemerintahan yang baik,” ucap dia.

Ia mengharapkan pada saat pelaksanaan reses, warga diharapkan menyampaikan aspirasi, baik usulan program pembangunan maupun evaluasi pelaksanaan pembangunan. Seperti usulan perbaikan drainase yang disampaikan pada reses kali ini. Aspirasi warga merupakan modal bagi anggota dewan untuk disampaikan kepada pemerintah.

“Aspirasi yang telah disampaikan akan berusaha saya perjuangkan, baik pada posisi sebagai anggota DPRD, anggota badan anggaran maupun anggota Komisi II DPRD KKU. Semua apa yang nantinya akan disampaikan warga desa Masbangun dan Teluk Batang Utara akan saya perjuangkan dan sosialisasikan,” papar Burhan.

Menyangkut ketahanan energi, saat ini di daerah Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara (KKU), sedang dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Anggota DPRD KKU, Burhan mengharapkan pada tahun ini sudah bisa dioperasikan.

“DPRD KKU telah berkoordinasi dengan PLN cabang Sukadana-KKU dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) KKU, untuk menambah daya atau swakelola listrik tanpa bergabung dengan Kabupaten Ketapang. Supaya ketahanan energi daerah, khususnya di sektor kelistrikan di daerah dapat tercukupi dengan baik,” ungkap Burhan.

Sebagaimana diketahui, masih banyak rumah-rumah warga Kayong Utara yang masih belum mendapat pasokan listrik dari PLN. Bahkan yang sudah menerima kadang juga masih byar-pet atau sering mati lampu. Jadwal pemadaman saat ini, biasanya tiap Selasa, Kamis, dan Sabtu sekitar jam 08.00-16.00.

Sedangkan di kecamatan Pulau Maya, mendapat pasokan listrik pada malam hari saja. Kemudian ke kecamatan Kepulauan Karimata, masih belum ada pasokan listrik dari PLN, sebagaimana jaringan kabel yang ada di daratan utama Kayong Utara. “Keberadaan listrik ini demi mendukung kegiatan sosial masyarakat, serta menumbuhkembangkan kawasan sentral komersil baru,” kupas Burhan.

Legislator dari daerah pemilihan Teluk Batang-Seponti ini menjelaskan pada era pemerintah Presiden Jokowi-JK saat ini, banyak kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan lebih memperhatikan kepentingan masyarakat, terutama masyarakat desa. Melalui Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), pemerintah memberikan kebijakan yang mesti diperiksa secara teliti.

“Tidak hanya persoalan pembangunannya saja, tetapi pada tahap perencanaannya juga mesti secara detail dilakukan. Perencanaan pembangunan yang telah ditentukan oleh BPK, harus bersumber dari Musrenbang, reses dewan, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),” papar Burhan. (mah)

Posted on 17 Maret 2015, in Parlementaria and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: