Kesahajaan Siswi Berprestasi


*Naratif Reporting Siti Aprilianti.

IMG_8642

Aku seorang anak bungsu dari tiga bersaudara yang terlahir di keluarga sederhana bersuku Minang Sumatera Barat (Padang).  Aku lahir dan dibesarkan di Kalimantan Barat, tepatnya di Teluk Melano kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara (KKU).

Jadi anak bungsu dari orangtua perantau membuatku mendapatkan pendidikan di daerah kelahiranku ini. Aku mendapatkan Sekolah Dasar tujuh tahun karena yang seharusnya TK dua tahun tapi aku cuma setahun di TK, sebab ibuku telah memindahkanku ke Sekolah Dasar (SD). Pada sebuah SD, tempat ibuku mengajar dan mengabdi sebagai guru.

Setelah SD, ku teruskan pendidikanku ke Madrasah Tsanawiah (MTs) Negeri Simpang Hilir, dengan mempertahankan sebagai tiga besar di kelas dari kelas VII-IX. Di MTs, Aku pernah mengikuti Lomba Cerdas Cermat seputar agama tingkat MTs se-Kabupaten Kayong Utara dan reguku yang berjumlah tiga orang mendapatkan juara tiga.

warta kayong cover edisi 16 siti aprilianti 2015 cantik

Lanjut ke jenjang pendidikan tingkat atas yaitu SMA, masih tergolong sebagai siswa yang bisa mempertahankan prestasi di kelas, meskipun sempat masuk empat besar di semester ganjil/pertama tapi semakin naik tingkatan kelas, semakin naik pula peringkatku di kelas.

Dan sekarang kelas XI IPA di semester ganjil, Aku mendapatkan peringkat 2 dari 40 siswa. Tapi sebelumnya, Aku pernah mendapatkan sebuah pengalaman yang telah menjadi guru serta motivasi untuk ke depannya di hidupku. Yaitu, “Juara 1 Film Pendek Se-Kalbar” membuatku bangga atas diriku sendiri, orangtua, dan pihak-pihak sekolahku.

Meskipun ilmuku di bidang film belum setinggi mentor yang berbakat dan kreatif, seperti beliau yang bernama Miftahul Huda yang telah mengajariku dan mempercayaiku sebagai peserta Lomba Film Pendek di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Provinsi Kalbar.

Dan tidak lupa dengan partnerku di Lomba Film Pendek FLS2N yang bernama Syahrudin teman sekaligus abang terbaik. Aku juga pernah mengikuti Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Berbangsa tingkat SMA se-Kabupaten Kayong Utara yang amat menyenangkan, sehingga membuat kepalaku pusing dengan hapalan yang luar biasa banyak.

Selanjutnya Alhamdulillah Aku juga mendapatkan prestasi lagi lewat hobiku dan bakat yang terwarisi dari almarhumah ibuku, sang guru Bahasa Indonesia yang sangat aku kagumi.

BIODATA

Nama lengkap SITI APRILIANTI
Tempat Tanggal Lahir Teluk Melano, 19 APRIL 1998
Agama Islam
Alamat Jalan Gloria, RT 03/RW 01, Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat
Alamat Sekolah Jalan Pramuka, Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara
Sekolah sebelumnya MTs Negeri Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara

SD Negeri 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara

Prestasi Juara III Cerdas Cermat MTs se-KKU

Juara I Lomba Film Pendek FLS2N Provinsi Kalbar

Finalis Lomba Film Pendek FLS2N Tingkat Nasional di Semarang

Dengan memegang Juara 1 Cipta dan Baca Puisi bertemakan “Persembahan untuk Ibu” dan judul puisi ciptaanku ialah “Bidadari Hati”, karena ibuku memang si bidadari hati yang berparas cantik dan berhati baik sama seperti ibu-ibu yang lain. Namun, aku tidak seberuntung mereka karena Aku telah ditinggalkan ibu sejak duduk di kelas VIII MTsN.

Sekarang aku hanya memiliki satu orangtua yang sangat aku sayangi yang bisa berperan sebagai ibu untukku, yaitu ayahku. Hanya ayah yang dapat mengerti segala keadaanku tanpa harus dibilangkan ataupun dijelaskan, dan ayahlah penyemangat hidup dan selalu mendukungku di setiap aktivitasku. Apalagi sampai tekait dengan prestasi pasti ayah yang paling terdepan dan pertama yang mendukung dengan meyakinkanku dan selalu berdoa yang terbaik buatku sebagai anaknya. (ANTI)

Posted on 15 Maret 2015, in Tokoh and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: