Perlu Infratruktur Wisata yang Bagus


Perlu Infratruktur Wisata yang Bagus

//FOTO: Persiapan kaum belia Hindu Bali desa Sedahan kecamatan Sukadana, sebelum menari di acara Odalan ke-33 tahun 2015 Pura Dalem Sedahan Sukadana, Rabu (18/2) petang silam. MAHMUDI/WK.

SUKADANA—Guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kayong Utara (KKU) di sektor kepariwisataan, pemenuhan sarana dan prasarana wilayah perlu diakomodir dengan baik. Supaya wisatawan domestik maupun mancanegara minat untuk bertandang kedua kalinya.

Disbudparpora KKU membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat. Desa Sutera dengan potensi wisatanya, Pantai Pulau Datok. Sedangkan desa Sedahan dengan kawasan wisata Lubuk Baji, suatu kawasan yang dekat dengan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Program ini dapat dikatakan sebagai pilot project untuk menawarkan atau memberikan solusi kepada masyarakat bagaimana mengelola sebuah potensi pariwisata, supaya bisa meningkatkan atau menambah penghasilan.

Demikian juga keberadaan warga Hindu Bali di Sedahan yang masih menjaga adat istiadat leluhurnya, seperti formasi rumah dan pura sebagai pusatnya, sebuah tata ruang yang unik dengan aroma transendental.

Namun sayang, jalan menuju ke desa Sedahan yang banyak potensi wisatanya pada korengan, ranjau alami, berlubang, rusak, alias kurang nyaman untuk berkendara bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bekas jalan baru dibangun, aspalnya di beberapa titik juga mulai mengelupas, dimungkinkan karena dihantam hujan dan perkara lainnya.

Diharapkan pemerintah daerah melalui instansi terkait dapat memberbaiki dan memenuhi sarana dan prasarana bagi terbentuknya kawasan wisata yang representatif. Kalau sarana dan prasarana bagus, warga tempatan juga terbantu karena makin mudah dalam mendukung lalulintas barang dan jasa. Apalagi Sedahan sebagai lumbung padi Kayong Utara, juga perlu infrastruktur yang bagus, seperti jalan yang layak dilewati.

Seperti pada Rabu (18/2) petang hingga malam, watusan warga Hindu desa Sedahan kecamatan Sukadana, KKU, mengikuti sembahyang bersama. Dalam rangka Odalan atau hari ulang tahun (HUT) ke-33 Pura Dalem Sedahan Jaya tahun 2015. Itu sebenarnya potensi wisata karena di dalam ibadah itu disajikan tarian khas Bali.

Kaum Hindu Bali bermukim di desa Sedahan masuk dalam program desa wisata, bersama desa Sutera, keduanya berada di kecamatan Sukadana. Program desa wisata ini diramu dengan program “Sadar Wisata” di bawah naungan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) KKU.

Sedangkan pada tengah malamnya sekitar jam 24.00 WIB, warga Tionghoa khususnya yang menganut agama Khonghucu merayakan malam tahun baru Imlek dengan sembahyang. Pesta kembang api mewarnai langit Sukadana untuk beberapa menit.

Kemudian Pantai Pulau Datuk Sukadana juga pengunjungnya sangat ramai di masa hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Bahkan beberapa wisatawan domestik rela menginap di Sukadana karena ingin hiburan dengan panorama alam karena kesibukannya selama ini.

Keberhasilan Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid bersama jajarannya ini, menjadikan Kabupaten Kayong Utara menjadi daerah paling layak huni, mengantarkannya untuk mendapat penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham-RI) Yasonna Hamonangan Laoly, atas upayanya membina dan mengembangkan KKU menjadi “Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia” tahun 2014. Penghargaan ini diterima langsung Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid di Kantor Kementerian Menkumham-RI di Jakarta, Rabu (10/12/2014) silam. (mah)

Posted on 11 Maret 2015, in ekonomi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: