Membangun Kontribusi PAUD Melalui Penyusunan RKH


pendidikan-Bekerja-dengan-Tim-Capai-Program-Sekolah-Terencana-ok kayong utara 2015

Untuk memantapkan kinerja tutor/guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Gugus PAUD Kecamatan Sukadana, menggelar kegiatan pelatihan penyusunan  RKH (Rencana Kegiatan Harian). Kegiatan yang dihelat 23-24 Januari 2015, berlokasi di PAUD Lestari Desa Benawai Agung Kecamatann Sukadana ini, berlangsung khikmad.

Hadir pula dalam acara tersebut H. Nazril Hijar, S.Ag, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kayong Utara. Kemudian Rahma, Kepala Seksi (Kasi) PAUD Kabupaten. Serta  undangan lainnya.

Tak tanggung-tanggung, Syarifah Hasiah, Ketua Gugus PAUD Kecamatan Sukadana, menghadirkan nara sumber dari Kabupaten Ketapang. Nara sumber yang sudah teruji pengetahuan dan pengalamannya dunia PAUD. Ketua Himpaudi Kabupaten Ketapang. Yaitu, H. Efendi.

Dalam kesempatan baik ini, Kabid PNF berpesan. Agar guru PAUD yang ada di Kabupaten Kayong Utara selalu bekerjasama dalam hal kebaikan. Baik kerjasama antar guru dalam gugus. Maupun kerjasama antar gugus yang ada di kecamatan lain. Sebab, setiap kecamatan telah memiliki gugus. Baik PAUD formal maupun nonformal.

(warta pendidikan), Lomba Kemampuan Motorik Anak2 TK-PAUD di Kec. Simpang Hilir 2011 (doc. Norma Yunita) kayong utara 2011

Hal yang terpenting dari penyusunan RKH, hendaknya guru-guru PAUD bisa memberikan stimulan yang sifatnya mendidik. Karena, karakter itu mulai terbentuk pada saat anak masih berusia dini. Peran baik guru PAUD, tentu memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan anak usia dini, khususnya di Bumi Bertuah. Demikian petuah dari H. Nazril Hijar, S.Ag.

Nazril berharap. Yang dilakukan Gugus PAUD Sukadana ini dapat ditiru gugus-gugus di kecamatan lain. Sehingga, fungsi dan peran gugus itu benar-benar berjalan. Dan inilah salah satu tujuan terbentuknya Gugus PAUD. Sebagai tempat bersilaturrahmi, tempat bertukar ilmu dan pengalaman. Tempat untuk merumuskan masalah/persoalan di lapangan. Serta tempat untuk berlatih dan melakukan kegiatan positif lainnya.

Peserta pelatihan RKH benar-benar merasakan suntikan ilmu yang berharga dari para nara sumber. Hal ini diakui Ketua Gugus PAUD Kecamatan Sukadana. Syarifah Hasiah dan kawan-kawannya merasa lega, bahwa, agenda kegiatan yang telah mereka laksanakan berjalan sesuai harapan.

Tak hanya peserta yang merasakan manfaat pelatihan tersebut. Kepala Desa dan Ketua BPD Benawai Agung yang hadir dalam acara tersebut, pun memberikan apresiasi baiknya kepada penyelenggara. Bagi mereka, kegiatan seperti ini layak dan sesering mungkin dilakukan. Sebab, ditangan mereka juga (guru PAUD), karakter anak-anak bangsa ini dititipkan. Tentu, karakter guru PAUD pun harus ditepa dan teruji. Sehingga mereka bisa menularkan karakter mulia ini kepada anak didiknya.

Setelah selesai penyusunan RKH, Gugus PAUD langsung menyegarkan kembali kepengurusan masa jabatan 2013-2015. Alhasil, Syarifah Hasiah terpilih kembali sebagai Ketua Gugus PAUD priode 2015-2018. (M. Ilham)

Posted on 5 Maret 2015, in Pendidikan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: