Misteri Masjid Keramat Wali dusun Pintau Desa Tanjung Satai


misteri majid keramat wali pintau 2015

Sebuah perjalanan tak di sengaja. ke bagian seberang kayong utara tepatnya di selatan pulau maya, yakni dusun pintau desa tanjung satai. Sebagian besar masyarakat kayong utara tentu tau atau setidaknya pernah mendengar nama Pintau.

Zaman era orde baru Pintau adalah sebuah nama desa, namun pada masa yang sama di merger ke desa Tanjung satai. Di dusun pintau ini terdapat satu bangunan Masjid yang menyimpan sejarah, sekaligus misteri. Kendati nama masjid ini seperti layaknya masjid yang lain yakni, masjid Ta`awani alal birri wattaqwa. Namun orang orang lebih mengenalnya dengan masjid “keramat wali”.

Seperti yang di tuturkan oleh Awi salah seorang pengurus Masjid pintau bahwa, di katakan sebagai masjid keramat wali, sebab pada masa dahulu ketika pertama kali pembangunan masjid di lakukan. Adalah seorang tokoh agama bernama Hainin, atau yang di kenal dengan nama pak Ndak Inin. Hainin adalah salah satu tokoh agama seperguruan dengan Mukhti Majeman dari desa Pemangkat Kecamatan simpang hilir pada masa itu.

misteri majid keramat wali pintau belakang 2015

Ketika Hainin Pulang kampung ke pintau dari menuntut ilmu  ia lalu mendirikan sebuah masjid,Pada tahun 1960 an bersama warga. Saat mendirikan masjid tersebut ia memasnag satu kaca yang di bawanya dari menuntut ilmu.

Dari sinilah awal mula masjid tersebut di sebut sebagai masjid Keramat. Sebab pada saat saat tertentu di dalam kaca yang di pasang oleh Hainin tersbeut memantulkan sebuah sinar yang menyerupai wujud Ulama kembar tiga. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, gambar yang terpancar di dalam kaca tersebut adalah perwujudan dari para wali yang kemungkinan adalah guru dari pak Ndak Hainin.

Yang memperkuat lagi bahwa masjid tersebut di katakan masjid keramat wali adalah kepercayaan masyarakat mengenai Nadzar. Nadzar adalah apabia kita memiliki hajat atau keinginan dan jika terkabul maka kita akan melakukan sesuatu. Maka yang di maksudkan tersebut harus kita lakukan. Begitu juga dengan masjid pintau ini, juga sering di gunakan untuk orang orang yang membayar niat atau Nadzar.

Dan kebanyakan orang bernadzar untuk masjid Pintau tersebut kebanyakan hajat yang ingin di capainya terkabul. Menurut penuturan awi, bahkan pernah suatu saat ketika salah seorang non muslim yang juga berada di pintau kapalnya mengalami kecelakaan di laut kubu. Namun anehnya  kapal tersebut selamat dari kecelakaan, dan si pemilik kapal yakin jikalau keselamatan itu lantaran membawa kubah masjid keramat wali tersebut. setelah kejadian itu, setiap tahun ia selalu bersedekah kepada masyarakat Muslim yang ada di sekitar masjid sebagai wujud syukur dan keyakinannya terhadap masjid yang di anggap keramat tersebut.

Sudah ratusan orang membayar niat ke masjid keramat wali tersebut. maka wajar apabila perangkat sholat dan Alqur`an pengurus masjid jarang membeli, sebab banyak sumbangan dari orang orang yang bernadzar atas masjid tersebut.

Saat ini masjid Keramat wali tersebut sudah beberapa kali di renovasi, tak sedikitpun ada kesan angker dan mistis dari masjid tersebut sebab para warga masyarakat merawat dan menjaganya dengan baik. sebetulnya masih banyak lagi kisah kisah masa lalu mengenai masjid keramat wali yang misteri tersebut. namun semuanya kita kembalikan pada keimanan dan keyakinan kita. Semua fenomena dan keajabian tersebut anggap sahaja sebagai bentuk kuasaan Allah yang menampakkan kebesarannya di hadapan para umat. Wallahua`lam bishhowab”. (MIFTAHUL HUDA)

 

Posted on 27 Februari 2015, in Misteri. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: