KKU, Episode Jalan Berlumpur Di Musim Hujan Tahun 2015


kayong utara Jalan Berlumpur di Musim Hujan kamboja 2014

Diamana mana kalau sudah tiba musim penghujan, terutama Jalan yang masih masih belum aspal di pastikan akan licin bahkan tak jarang berlumpur seperti kubangan kerbau. Di kayong utara sendiri, kita patut bersyukur bahwa di sebagian jalan Provinsi dan dalam kota serta lingkungannya kita masih dapat menikmati mulusnya jalan aspal yang tidak membuat kita risih manakala beraktivitas.

Namun pemandangan berbeda akan kita temui manakala kita merambah mulai masuk ke beberapa tempat, dimana ada jalan yang sama sekali belum di bangun atau jalan yang sudah pernah di bangun namun kini rusak parah. Persoalan utama jalan rusak saat ini adalah karena cuaca hujan, sehingga makin memperparah kondisi jalan yang sudah jenuh dengan air.

kayong utara Jalan Berlumpur di Musim Hujan jalan batu barat teluk nipah 2012

Secara jujur Di kayong utara masih banyak titik titik jalan tanah yang belum di aspal, dan pada saat musim penhujan ini adalah puncak puncaknya kerusakan. Misalkan saja untuk di simpang hilir setidak tidaknya ada beberapa titik yang parah, seperti di Jln Ampera Desa Rantau panjang, Trans Kebace Desa Mata Mata, Sebagian Desa Batu Barat, Lubuk Batu, Matan, Desa Padu Banjar, Sebagian Desa Nipah Kuning  (khusus Dusun Sungai Jambu ) Dan sekitarnya.

jalan ampera rantau panjang kayong utara Jalan Berlumpur di Musim Hujan 2014

Titik terparah jalan, serta yang sering menjadi lalu lintas warga masyarakat adalah Jalan Desa batu barat, yang mana para pekerja perusahaan serta pedagang juga para guru, jikalau kondisi hujan saat ini sering telat. Bahkan tidak jarang mereka harus menginap di tempat kerja di sebabkan kondisi jalan yang tidak mungkin bisa di lalui dalam waktu yang singkat.

Ahmad Yani 41 tahun, salah seorang guru di SD filial Batu barat yang tinggal di desa Medan jaya, mengungkapkan bahwa; untuk lewat jalan berlumpur yang rusak perlu waktu berjam jam, bahkan tak jarang ia harus cari jalan alternatif kendati penuh semak belukar. Belum lagi resiko kendaraan yang cepat rusak sebab mesin tenaganya di porsil melewati medan yang tidak sesuai. Maka atas pertimbangan itu Mad Yani dengan rekan rekannya memilih menginap dengan menumpang di mes perusahaan.

kayong utara Jalan Berlumpur di Musim Hujan tanjung pelanduk padat karya 2012

Kondisi yang juga sebelas dua belas terjadi di Dusun Ampera desa Rantau panjang, yang mana jalan ini adalah jalan utama lalu lintas warga Transmigrasi dan siswa/I serta para guru. Sebab di sini juga berdiri bangunan SMA negeri 3 Simpang Hilir. Tepat di muka sekolah ini terhampar jalan yang rusak sepanjang kurang lebih 5 KM. Tutus sapaan akrab, ia salah seorang kepala sekolah SMAN 3 simpang hilir, mengungkapkan keluhan terutama mengenai apa yang di alami oleh para siswa dan guru serta warga yang melintasi jalan tersebut. maka ia memohon kepada pemerintah atau mungkin lewat wakil rakyat untuk membantu memperjuangkan nasib jalan ampera saat ini. ungkap Tutus

lain halnya dengan keadaan di Kecamtan seponti, wk team coba menelusuri kondisi jalan yang ada di sana, untuk jalan poros yang bisa di katakan layak hanya jalan dari pertengahan paket 3 hingga paket 5, itupun tidak semua. Setelah itu jalan bagaikan bubur kalau sudah musim penghujan.

kayong utara Jalan Berlumpur di Musim Hujan tanjung satai kamboja 2014

Manakala jalan hancur lebur, tepat di Tr 12 kami terheran heran, sebab menemukan pohon pisang yang di tanama di tengah jalan, ketika kami konfirmasi ke salah seorang di sana menyatakan bahwa “itu bentuk perwujudan sebagai gantinya demo”. Ungkap Imron ( 52 Th) yang berprofesi sebagai bengkel sepeda di pinggir jalan Tr 12 Desa Telaga Arum kecamatan seponti.

Yang unik ketika kami menuju oaket 6, teapt di ujung jalan tr 15 desa telaga arum, kami menemukan para warga sedang bergotong royong di sana. Kami mengira mereka memperbaiki jalan dengan menggunakan dana pemerintah/ proyek. Namun sungguh mengejutkan ternyata gotong royong yang mereka laksanakan atas dasar semangat kebersamaan, kebetulan pada hari itu Lukman salah seorang yang menanggung semua biaya, dari mulai konsumsi hingga transportasi semua Lukman yang membayarnya. Lukman mengungkapkan bahwa ia merasa kasian dengan para penduduk serta siswa yang sering melewati jalan tersebut, suatu saat ada siswa yang jatuh di jalan dan akhirnya tidak jadi ke sekolah, dan juga para penduduk yang sering membawa dagangan. “Kan kasian mas”. Ungkap Lukman.

seponti tr 12 kayong utara Jalan Berlumpur di Musim Hujan

Di kecamatan teluk batang, saat ini jalan utama menuju seponti sudah di bangun kendati di musim penghujan ini jika melintasi jalan tersebut cukup memprihatinkan. Jika di akumulasikan juga masih banyak titik jalan yang masih rusak dan perlu perbaikan, baik kaitan dengan jalan lingkungan maupun jalan utama. sejauh pantauan WK, yang terparah saat ini adalah jalan yang menghubungkan antara Kalimas dan Paket Dua baik jalan utama maupun jalan tembus parit pelang.

seponti tr 15 2014 kayong utara Jalan Berlumpur di Musim Hujan

Kemudian untuk pulau maya, dari mulai penyebarangan Teluk batang kemudian melintasi hutan, sawah dan kebun hingga ke ke tanjung satai ini , rata rata saat musim penghujan ini jalan sangat sulit untuk di lewati. Maka wajar apabila masyarakat lebih memilih menggunakan jalur alternatif laut ketimbang darat. (WK Team ).

Posted on 5 Januari 2015, in Warta Desa and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: