Kapal Berbendera Australia Kecelakaan di Laut Karimata Pulau penabang


kapal australia kecelakaan di penabang karimata warta kayong

Ilustrasi Kapal Australia

Di lansir dari media Liputan6.com, mengenai kapal australia yang terhantam ombak di karimata Kayong Utara – Akibat cuaca buruk di perairan Kabupaten Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar), dua warga negara asing (WNA) terdampar. Dua WNA itu atas nama Shaun (53) berjenis kelamin pria berpaspor Inggris. Sementara WNA wanita bernama Hellner (42) berpaspor Prancis. Mereka berdua terdampar di Pulau Penebang, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara menggunakan sebuah kapal berbendera Australia.

Komandan Kodim (Dandim) 1203 Ketapang, Letnan Kolonel Inf Asep Ahmad Hidayat menerangkan, kedua WNA itu hendak pulang menuju Australia melalui perairan Karimata menggunakan kapal Austratis II.

“Kapal dihantam ombak besar yang membuat kapal tersebut pecah, tenggelam dan terbalik. Kedua WNA itu telah ditemukan selamat oleh nelayan pulau Penebang, Kabupaten Kayong Utara dalam kondisi selamat. Kejadian pada Kamis 1 Januari 2015 sekitar pukul 11.30 WIB,” kata Asep di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu, (3/1/2015).

Dijelaskan dia, dua WNA tersebut berlayar dari Kinabalu, Malaysia menggunakan kapal yang baru saja dibeli. “Sesampainya di sebelah barat Pulau Penebang cuaca buruk. Ombak besar menghantam kapal mereka. Keduanya menyelamatkan diri ke Pulau Penebang sebelum akhirnya ditemukan dan diselamatkan oleh nelayan setempat bernama Parto (30),” kata Asep.

Dia mengatakan, kapal asing jenis yacht atau pesiar itu berlayar dari Kinabalu, Malaysia menuju Australia. “Dua WNA itu berhasil menyelamatkan diri menggunakan Life Craft. Terdampar di pesisir barat Pulau Penebang,”.

Saat ini, kata Asep, tim evakuasi yang terdiri dari tim gabungan sudah bergerak menuju lokasi kedua korban untuk melakukan evakuasi kedua WNA itu.

“Berdasarkan info dari Pos SAR Ketapang sudah bergerak menggunakan satu unit Kapal SAR KPLP Pontianak. Kemudian dari tim gabungan dari Kodim 1203 Ketapang, Polres Ketapang, BPBD Kabupaten  Kayong Utara, Syahbandar, Pol Air juga berangkat menggunakan speed boat milik Pemda KKU,” tandas Asep. (Riz/Ans)

Posted on 3 Januari 2015, in berita and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: