Sang Fajar dan Motor Masa Depan


 

kreativitas--Sang Fajar dan Motor Masa Depan--okf

“Sesungguhnya dunia ini terus berevolusi mencari kesempurnaan, mungkin perlu sedikit sentuhan sentuhan para inovator roda evolusi ini akan menuju pada kesumpurnaan, atau sepaling tidak memberi manfaat pada lingkaran sekitar sahaja”.

Namanya lebih lekat di panggil Fajar, atau siswa binaanya biasa memanggil “Pak Fajar”, karena ia juga seorang guru, dan juga ada sebagian orang yang memangilnya “Ustadz Fajar”, karena kerap kali ia memimpin kegiatan keagamaan walaupun lingkungan dusun. Tapi kalau di bengkel ia lebih akrab di panggil “Mas Fajar” atau “Fajar” sahaja.

Lebih terang lagi akan identitasnya, Fajaruddin ST ialah seorang creator muda jebolan salah satu universitas ternama di indonesia. Ia terdampar di pulau kalimantan ini sejak ia tamat kuliah, keseharian hidupnya saat ini bergelut dengan dunia pendidikan dan kemasyarakatan, tak lupa ia tetap fokus pada dunia perbengkelan yang menjadi hobinya sejak muda.

Di dunia otomotif, ia sangat gemar melakukan inovasi dan penemuan penemuan, alat yang pernah Ia temukan adalah “Jimat Motor Anti Maling”. Jimat Motor anti maling ini di pasang di kendaraan bermotor, cara kerja Jimat ini sangat simpel, yakni ketika si pencuri membawa kabur motor dengan jarak tertentu, maka motor yang dicuri tersebut akan mati mendadak tanpa sebab. Dan tentunya cara kerja jimat motor ini juga ilmiah, tidak ada unsur magis, hanya namanya saja di kasih nama “Jimat Motor Anti Maling”.“Biar seru,” ungkap  Fajar.

kreativitas--Sang Fajar dan Motor Masa Depan--ok

Dijelaskannya kembali bahwa Jimat Motor Anti maling ini juga di produksi terbatas, pernah dulu mau di patenkan namun gagal di kemasan. Padahal dari segi kualitas dan kegunaan sangat bermanfaat bagi pemilik motor/mobil. Saat ini Ia hanya melayani pesanan tertentu saja, kendala lain dari alat ini adalah peralatan yang sulit didapatkan, sehingga harus order dulu, belum lagi waktu merakitnya. Sehingga untuk menghasilkan satu Jimat Motor anti maling ini di perlukan waktu yang tidak sedikit.

Saat ini, Fajar juga sedang melakukan upaya pengembangan modifikasi motor masa depan yang tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Ia sudah melakukan persiapan untuk motor masa depannya yakni bahan bakar yang digunakan adalah menggunakan gas elpiji.

“Asumsi gas elpiji tabung 3 kilo dapat digunakan untuk jarak tempuh kurang lebih 150 KM. Dijelaskannya pula bahwa asumsi tersebut sudah melalui proses penghitungan dan kalkulasi teknis dan analisa dengan margin error hanya 2 persem. Jika hal tersebut terwujud maka ini merupakan solusi yang cukup baik buat kita, apalagi di tengah mencuatnya harga BBM saat ini,” ungkap Fajar

Memang motor dengan teknologi elpiji sudah di temukan beberapa waktu lalu, seperti yang pernah dilansir di beberapa media, baik cetak maupun eletronik, namun Fajar menjelaskan bahwa hal tersebut belum sempurna. Dijelaskan Fajar dalam eksperimennya kali ini akan menyempurnakan beberapa hal, di antaranya meminimalisir resiko dan membuat motor menjadi sistem hybrid.

“Sistem hybrid yang di maksud adalah Motor secara otomatis bisa menggunakan alternatif beberapa bahan bakar, yakni gas elpiji atau premium,” papar Fajar menjelaskan.

Eksperimen Fajar saat ini untuk membuat teknologi motor masa depanya sudah 20 persen, untuk sementara kegiatannya tersendat disebabkan riset dan pengembangan memerlukan tenaga dan dana yang tidak sedikit. Namun meski demikian Ia masih terus merangkak demi motor impian masa depan yang Ia yakini akan meringankan beban masyarakat. Sebab Ia meyakini penemuannya kelak menjadi tekologi alternatif yang akan banyak digunakan masyarakat. (MIFTAHUL HUDA)

Posted on 30 Desember 2014, in kreativitas and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: