Kawal Proyek Air Bersih Yang Di Duga Banyak Penyimpangan…!


pertemuan air bersih bermasalah di simpang hilir kayong utara_resize

Kayong utara, 16 Desember 2014. Puluhan warga mendatangi dinas Pekerjaan Umum kabupaten kayong utara, dalam rangka meminta pejelasan proyek Air bersih yang di peruntukkan untuk wilayah di beberapa Desa di Kecamatan Simpang Hilir.

Beberapa elemen masyarakat yang di dampingi oleh Kepala Desa Teluk melano, Aktivis LSM, Media, dan para warga mempertanyakan sekaligus meragukan proyek air bersih yang di kerjakan pada saat ini, pasalnya sudah beberapa kali proyek air bersih di laksanakan namun realisasinya masih minim. kami bukan berniat makar atau menghalangi pekerjaan, namun kami mengharapkan agar Proyek Air Bersih Yang berangsung saat ini bisa mengeluarkan air, bukan serampangan dalam pengerjaan. Ungkap Iskandar Salah seorang warga Teluk melano.

Menurut Isya Fahruzi sebagai salah satu koordinator perwakilan masyarakat mengungkapkan bahwa; proyek air bersih yang di kerjakan saat ini di harapkan betul betul di kerjakan dengan baik, sebab sudah beberapa kali proyek air bersih di laksanakan, namun masyarakat simpang hilir tidak dapat menikmati hasilnya. Maka atas latar belakang tersebut, wajar apabila masyarakat meragukan proyek air bersih yang ada saat ini, sebab masyarakat sudah sering berharap namun tidak jua terwujud. Ungkap Icha saat menjelaskan di hadapan staf PU.

pengecekan 2 air bersih bermasalah di simpang hilir kayong utara_resize

Foto : Pemeriksaan Kelapangan bersama masy Inspektorat, Dinas PU Dan Kontraktor

Di jelaskan oleh Yitno salah seorang perwakilan masyarakat simpang hilir, dalam penjelasannya di hadapan PU, ia menyatakan bahwa selama ini masyarakat masih sabar. Maka untuk kali ini ia bersama masyarakat berniat untuk betul betul mengawal agar proyek saat ini bukan hanya sekedar proyek penanaman selang saja, namun nantinya juga ada airnya.

Junai, salah satu masyarakat Rantau Panjang yang juga hadir dalam pertemuan itu menyatakan bahwa proyek yang di kerjakan saat ini di duga terdapat penyimpangan. Salah satu dugaan penyimpangan dalam pengerjaan proyek saat ini, adalah kurangnya galian dalam pemasangan pipa. Yang mana di dalam RAP tertulis galian pipa seharusnya sedalam 1 Meter, namun kenyataan di lapangan tidak sampai 1 meter.  Maka atas dasar ini bisa saja kontraktor di duga melakukan mark up anggaran, karena tidak sesuai dengan RAP yang di susun. Ungkap Hermanto

pengecekan air bersih bermasalah di simpang hilir kayong utara_resize

Foto : Pemeriksaan Kelapangan bersama masy Inspektorat, Dinas PU Dan Kontraktor

Kepala Desa Teluk melano, Margono juga mengungkapkan bahwa proyek pipa saat ini di harapkan betul betul bisa berhasil. Warga sudah jenuh menunggu, mungkin inilah saatnya PU betul betul peduli dan dapat mengawasi pekerjaan yang di lakukan oleh Kontraktor melalui tenaga tenaga tekhnisnya.

Menanggapi permasalahan yang ada, dinas Pekerjaan Umum yang di wakili oleh Saptardo, pejabat pembuat komitmen dalam ranah proyek tersebut, mengungkapkan jikalau memang terjadi hal demikian, ia bersama para stafnya akan melakukan verifikasi di lapangan bersama sama dengan masyarakat.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut perwakilan dari kontraktor. Wadi, bagian pengawas lapangan, ia menyatakan sepakat untuk bersama sama dengan masyarakat dan PU serta Inspektorat untuk meninjau proyek pekerjaan yang di duga bermasalah.

pertemuan air bersih bermasalah di simpang hilir kayong utara 5_resize

Setelah sepakat untuk melakukan verfikasi secara bersama sama, akhirnya dilakukan pengukuran kedalamn galian pipa dilapangan. Yang di ukur adalah dalam permukaan pipa dan dalam galian untuk pipa.

Pengukuran tersebut di laksanakan di beberapa titik di desa Harapan Mulia dan Desa rantau panjang, dengan di saksikan langsung oleh Inspektorat; Indra Wahyudi, Dinas PU; Samsul Jaya, Kontraktor Pngawas lapangan CV Mitra Fajar Abadi ; Wadi,  perwakilan masyarakat, Aktivis Media, LSM dan kepala Desa.

pertemuan air bersih bermasalah di simpang hilir kayong utara 3_resize

 

Foto : Hasil Pemeriksaan, Penanaman PIPA yang tidak sesuai dengan RAP

Dari hasil pengukuran di beberapa titik tersebut, banyak di temukan fakta galian yang kurang dan tidak sesuai dengan RAP. Indra Wahyudi perwakilan dari Inspektorat menyatakan akan menindak lanjuti hasil temuan tersebut agar di benahi.

Sementara Samsul jaya dari dinas PU meminta kepada Pihak kontraktor untuk segera membenahi pekerjaan yang kurang. Ia bersama konsultan pengawas lapangan juga akan stand by di lapangan dan mengawasi proses pekerjaan tersebut hingga betul betul sesuai dengan RAP.

pertemuan air bersih bermasalah di simpang hilir kayong utara9_resize

Foto Kondisi Pipa Yang ditanam berdampingan dengan pipa pipa yang di tanam sebelumnya 

Berdasarkan temuan tersebut, wadi dari pihak kontraktor menyetujui atas usulan dan permintaan dari berbagai pihak untuk di perbaiki. Ia berjanji akan secepatnya memperbaiki pekerjaan yang kurang.

Hermanto, Salah seorang pemerhati pengawasan pembangunan, menyatakan bahwa dengan adanya temuan ini, semestinya PU dan oihak terkait juga mengawasi proyek proyek air bersih lainnya yang berada di kabupaten kayong utara, sebab selama ini banyak proyek air bersih yang di duga hanya mengabiskan anggaran namun tidak berfungsi dengan baik. cukup sudah pihak terkait belajar dari kesalahan kesalahan yang ada, jadikan cambuk dan pelajaran agar proyek yang di laksanakan betul betul tepat sasaran. Tegas Hermanto. (MH/16/12/2014).

 

Posted on 16 Desember 2014, in berita and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. ca.. ica. kerjaan kw tuh. banyak adak selesai. banyak balekkan duit. usah nak gaye.. malu lah..

  2. kerja yang betul bah…..

  3. Ya Allah….mudah2an dlm wktu dkat wrga tluk melano bs mnikmati air brsih.Amin yaa Robbi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: