Korupsi Terjadi Karena Manajemen Birokrasi Tidak Profesional


kirim-artikel warta kayong cover belakang edisi ke tujuh depan kiri  copy

ADA cara berlogika yang keliru di masyarakat kita. Anggapannya, kalau syariat Islam diterapkan di seluruh Indonesia atau kalau Indonesia menjadi Negara Islam Indonesia, atau kalau hukum Islam diterapkan, atau kalau matapelajaran agama ditambah atau diperpanjang, atau kalau ada matapelajaran/matakuliah Anti Korupsi, atau kalau ada penataran Pancasila, atau kalau hukuman mati diterapkan, atau kalau gaji dinaikkan dan logika-logika yang salah lainnya dipakai, maka mereka berangapan korupsi akan bisa dikurangi secara drastis.

Karena apakah Korupsi bisa hilang ? apakah karena Hukum dan undang undang ?. atau karena menerapkan syariat Islam atau syariat Kristen atau karena adanya penataran Pancasila atau karena adanya ancaman hukuman mati? Tidak. Apakah negara New Zealand terpilih sebagai negara nomor satu yang mampu mencegah tejadinya korupsi hingga hampir 0% karena berdasarkan pemikiran-pemikiran atau konsep-konsep agama? Tidak. Jokowi, dan negara New Zealand bisa mencegah korupsi secara signifikan karena penerapan manajemen birokrasi yang profesional.

Artinya, reformasi birokrasi kita belum berbasiskan manajemen yang profesional, terbukti masih banyaknya korupsi di berbagai institusi yudikatif, eksekutif maupun legislatif. Keberadaan institusi-institusi pengawas seperti inspektorat, BPKP dan semacamnya boleh dikatakan andilnya terhadap pencegahan dan pemberantasan korupsi nol besar. Apalagi harus memeriksa teman yang satu korps. Korupsi di Indonsia bisa dicegah kalau pemerintah mau menerapkan manajemen birokrasi yang profesional. Kontrak saja konsultan-konsultan manajemen yang profesional dari negara-negara yang manajemen birokrasinya profesional. Lebih tepat, contohlah manajemen pencegahan dan pemberantasan korupsi yang signifikan dari negara-negara yang berada pada peringkat pertama hingga ke lima yang terpilih sebagai negara-negara yang bebas korupsi. Apa sulitnya? . **** (Simpang Hilir 02/11/2014) RISKA RAMADHAN.

 

Posted on 29 November 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: