SMPN 03 : SekoLah Hijau & Sehat


smpn 03 sukadana ok kayong utara

Berwawasan lingkungan Dan Mandiri

Betapa senangnya berada di Lokasi taman yang indah, namun Taman yang satu ini bukan sembarang sembarang taman. Ini adalah taman Hijau milik sekolah SMPN 03 Kecamatan Sukadana kabupaten kayong utara Kalimantan Barat.

Sekolah yang hijau, bersih dan nyaman merupakan sekolah yang di idam idamkan. Namun semua itu bukanlah sebuah angan-angan dan keinginan semata jika dapat di buktikan seperti halnya SMPN 03 Sukadana yang pada saat tiga tahun lalu kondisinya masih semak semak dan berantakan juga terkesan kumuh serta angker sebab berada di daerah sepi tepi hutan.

Taman Hijau ini terletak di halaman sekolah yang cukup lumayan luas, dahulunya Taman ini adalah hamparan paya dengan rumput yang tidak beraturan serta semerawut. Belum lagi posisi sekolah yang berada di tempat sunyi yang jauh dari rumah warga. Wajar saja Hal tersebut membuat nuansa menyeramkan bagi para warga masyarakat serta para pengguna jalan yang melintasi SMPN 03 tersebut.

Namun suasana sekolah tersebut berangsur angsur berubah, setelah para guru serta Komite dan orang tua wali  murid bahu membahu menerapkan konsep sekolah hijau dan sehat. Adalah Saidi Bujang, merupakan Kepala sekolah yang sekaligus menjadi pelopor penggerak konsep sekolah Hijau dan sehat. Ia menjelaskan bahwa untuk menunjang suasana belajar dan kenyamanan di perlukanlah sebuah upaya, salah satu upaya untuk hal tersebut adalah dengan membuat sekolah menjadi Bersih serta Hijau dan Indah.

smpn 03 sukadana ok kayong utaras

Saidi bujang juga merasa betah berlama lama di sekolahhingga sore hari, bahkan ia bersama para rekan guru lainnya ketika sudah pulang, sore harinya kembali ke sekolah. Ia dan para guru lainnya sudah merasa bersatu dengan sekolah, mereka mengannggap bahwa seolah adalah bagian dari rumah mereka sendiri. Sehingga wajar jika mereka bersama sama merawat dan bergotong royong mempercantk sekolah yang mereka cintai tersebut.

Ada yang unik di antara tanaman pohon yang di tanam di halaman tersebut, misalnya saja ada pohon plaik yang tumbuh begitu saja, serta pohon pohon perdu yang memang alami dari asal muasal tanah payak tersebut. lalu kemudian pohon pohon alami tersebut di kolaborasikan dengan pohon hias lainnya sehingga taman tersebut terlihat kaya dengan berbagai keanekaragaman hayati.

Tampak pohon pohon yang rindang di taman tersebut di design sedemikian rupa, hal tersebut bertujuan agar para siswa yang belajar kelompok serta belajar di alam bebas dapat memanfaatkan wahana yang sudah di sediakan. Dengan belajar di alam bebas, para siswa biasanya lebih banyak mendapatkan inspirasi, sekaligus mengasah kepekaan naluri berfikir mereka dengan berinteraksi di alam bebas yang hijau nan segar.

SMPN 03 tergolong sekolah yang sukses mengembangkan konsep sekolah hijau dan sehat, nyatanya SMPN 03 sukadana ini di percaya untuk mewakili Kabupaten Kayong utara ke tingkat Provinsi, dalam kompetsi Lomba sekolah sehat. Di ungkapkan Oleh Nurhasanah, S. Pd. I, selaku bagian Waka Kesiswaan, tanpa adanya lomba pun kami tetap saja mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan, dan ini akan terus di pupuk supaya menjadi percontohan kepada para siswa untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

Indah dan asrinya suasana SMPN o3 Sukadana membuat kami tidak mau beranjak dari Taman tersebut, udara serasa segar dan mata ini serasa di manjakan oleh pemandangan yang hijau nan asri. Di tengah tengah taman terlihat para siswa sedang berdiskusi atau belajar keompok. Mereka terlihat asyik dan tenggelam dalam suasana belajar bersama alam sekolah yang hijau dan segar.

Dalam penerapan konsep sekolah hijau dan sehat tersebut pihak sekolah membuat aturan tertentu di antaranya ;

  1. Mengadakan kegiatan rutin jum`at bersih, yang mana dalamm kegiatan ini para siswa di wajibkan untuk melakukan hafalan surah pendek ( bagi yang muslim), serta Yasinan, setelah itu baru melakukan proses belajar.
  2. Dalam setiap hari sebelum masuk kelas setiap siswa di wajibkan untuk memungut minimal satu sampah, atau yang lazim di sebut Absen sampah.
  3. Setiap beberapa orang siswa di wajibkan untuk bertanggung jawab untuk di rawat atas satu pohon yang di tanam di sekolah tersebut.
  4. Memberikan aturan pada Kantin sekolah untuk tertib dan tidak menjual makanan berbahan pengawet.
  5. Mewajibkan kepada para siswa untuk membawa tempat minuman atau makanan masing masing, kantin sekolah hanya menyedikan bahan sahaja, hal ini di tujuakan agar para siswa dapat membatasi diri dalam hal kebersihan.

Sedangkan kegiatan pemberdayaan yang di lakukan para siswa bersama dewan guru adalah mengembangkan tanaman rosela, yang mana Buah dari tanaman ini dapat di olah menjadi sirup. Dan hingga saat ini sirup yang di buat sudah biasa di konsumsi, namun masih untuk kalangan terbatas.

SMPN 03 sukadana layak menjadi cermininan sekolah yang memiliki konsep Hijau dan sehat, mereka berbuat dan berkarya bukan karena ada lomab namun betul betul memahami betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan yang di balut dengan keindahan. (MH/23/10/2014).

Posted on 25 November 2014, in lingkungan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: