KPPK Soroti Dana BOS Yang Di Duga Banyak Penyimpangan


hermanto lp3kri kayong warta kayong

“Hingga saat ini, sudah ada beberapa laporan penyimpangan mengenai penyalah gunaan dana BOS”

Kayong utara, 2 Oktober 2014, KKPK ( Kelompok Pemerhati Pendidikan Kayong Utara), menyampaikan kepada media mengenai  beberapa temuan dan laporan mengenai penyimpangan dana biaya operasional sekolah (BOS ), yang ada di beberapa lembaga sekolah di kayong utara. Satu di antara kasus tersebut pada saat ini sedang dalam proses .

Di ungkapkan oleh Hermanto, sebagai Ketua KKPK kayong utara. dalam temuanya ia membeberkan bahwa salah satu contoh mengenai kasus dana BOS yang di duga di alihkan adalah di SDN 16 Batu Barat. dalam kasus tersebut , di duga kepala sekolah tidak menyerahkan dana BOS selama 5 triwulan kepada sekolah filial. Namun pada tanggal 3 Oktober sudah terjadi proses mediasi, antara Dinas pendidikan kayong utara dengan Guru SD 16 Induk dan Sekolah filial yang tidak di beri dana BOS, bertempat di Aula SDN 16 Batu Barat.

Dalam mediasi yang di pimpin Oleh Norhabib, sebagai Kabid Dikdas Kayong utara tersebut, menghasilkan beberapa point penting di antaranya adalah, mensepakati adanya pengembalian dana dari kepala sekolah kepada sekolah filial yang selama 5 tri wulan tidak di berikan dananya. Hal hal lain yang harus di cermati juga dari rapat mediasi tersebut juga di temukannya banyak pelanggaran, diantaranya pelanggaran  administrasi, tidak memenuhi tugas dan tanggung jawab sebagai kepala penanggung jawab sekolah, dan ketidak transparanan antara kepala sekolah dan para guru serta pada komite atau orang tua wali.

Kembali di ungkapkan oleh Hermanto, bahwa dengan adanya mediasi tersebut bukan berarti semuanya sudah selesai. Sebab hingga saat ini perembugan mengenai kembalinya uang dengan data siswa saja masih simpang siur. Kepala sekolah masih bersikeras dengan data lama, sementara Mat Jani guru perwakilan dari sekolah filial, meragukan data sekolah induk  mengenai data BOS yang hanya 28 siswa, sedangkan jumlah total siswa di filial jauh di atas itu. Dalam hal ini ia menilai Dinas Pendidikan Kayong Utara telah gagal melakukan mediasi, antara pihak SD 16 dan Sd Filial sebab tidak ada kesepakatn jelas dalam rapat mediasi tersebut. Sedangkan di sisi lain, Hermanto Juga mendesak kepada pihak instansi terkait untuk menindak tegas Oknum kepala sekolah tersebut dengan memberikan sanksi sesuai dengan PP 53 mengenai Disiplin PNS.

Dalam waktu dekat, secara Resmi KKPK juga akan melaporkan hasil temuan tersebut kepada pihak Inspektorat dan BKD Kayong Utara, untuk segera memproses  menegnai sanksi yang akan di jatuhkan pada kepala sekolah. Selain itu terkait laporan yang sedang dalam antrian saat ini, Hermanto berharap kepada Dinas Pendidikan kayong utara untuk segera menyikapinya. Bukan hanya masalah dana BOS, masalah lain juga harus di cermati, mengenai kinerja aparatur daln lain sebagainya ungkap Hermanto.

Mat Jani , sebagai perwakilan dari salah satu guru SD Filial batu barat, juga mengungkapkan dalam rapat mediasi, mereka merasa terbantu dengan adanya Media dan LSM yang membantu mengangkat permasalahan ini. Ke depan ia berharap  agar pihak Dinas pendidikan dapat bermitra dan bekerja sama dengan Media serta LSM.” jangan di jauhi LSM dan Media sebab mereka salah satu sumber informasi”. Ungkap Mat Jani setekah Rapat usai.

Mat Basyir sebagai ketua Komite SDN 16 Batu Barat dalam sambutannya di dalam rapat mediasi tersebut juga mendesak pada pihak Dinas Pendidikan Kayong Utara agar melakukan pengawasan terkait penggunaan dana BOS secara maksmal. “Bapak bapak jangan hanya tau terima laporan saja, tapi turunlah kelapangan cek satu per satu seperti ini, juga ke sekolah sekolah lain “. Tegas Mat Basyir. (MH.4/11/2014)

Posted on 5 November 2014, in berita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: