Hantu Terpal Teluk Melano


kuburan mayat tak di kenali

//FOTO: Makam tua beraroma mistik tak jauh dari SMKN 1 Simpang Hilir. MIFTAHUL HUDA/WK

 Ada jutaan atau bahkan tak terhingga misteri di dunia ini. Bahkan banyak menjadi legenda dan kepercayaan masyarakat. Tidak jarang di antara mereka justru melakukan persekutuan demi mencapai impian instant (cepat saji) yang mereka harapkan.

Misteri kali ini masih di seputar kisah hantu lokal Kayong Utara, tepatnya desa Teluk Melano kecamatan Simpang Hilir yang dinamai “Hantu Terpal”. Bagaimana kisah hantu ini hingga dapat gelar hantu terpal berikut penulusuran WK Team.

Syahdan tahun 1995, Kayong Utara belum menjadi kabupaten sendiri, melainkan masih menjadi bagian dari kabupaten Ketapang yang saat itu juga banyak membawahi puluhan kecamatan, termasuk di dalamnya kecamatan Simpang Hilir.

Kecamatan Simpang Hilir kala itu pusat keramaian dan arus perputaraan ekonomi tertinggi di wilayah Kayong Utara modern, sebab jalur bisnis kayu. Bahkan orang-orang dulu menyebut desa Matan di kecamatan Simpang Hilir—penghasil kayu—sebagai daerah Texas.

Ramainya aktivitas, banyak orang berdatangan dari penjuru negeri untuk berinvestasi usaha. Mulai berdagang, jasa angkutan, dan lain sebagainya. Suatu saat di sungai Simpang ditemukan mayat tak beidentitas oleh seorang yang bekerja di jasa angkutan speedboat (kapal cepat) jurusan Matan-Teluk Melano.

Akhirnya mayat tak beridentitas tersebut dibawa ke darat. Sempat dicari siapa keluarga atau kerabatnya, namun tak membuahkan hasil karena tak satupun petunjuk yang didapatkan. Banyak spekulasi timbul. Ada yang menyatakan mayat tersebut buruh perusahaan kayu ternama, penambang emas di hulu Matan, dan lain sebagainya.

Kondisi mayat sulit dikenali diduga sudah lama di air. Warga juga bingung ihwal tata cara pemakaman, apakah secara Islam atau yang lain. Karena kondisi darurat, akhirnya para warga sepakat mengebumikan ala kadarnya di pemakaman tunggal di depan SMKN Simpang Hilir saat ini, dekat pemakaman Tionghoa kuno. Hanya berbalut terpal, mayat akhirnya dikebumikan pada hari itu juga.

Cerita hantu terpal pun dimulai. Warga Teluk Melano heboh, sebab beberapa orang berjumpa penampakan hantu gentayangan. Menjadi unik, hantunya mengenakan terpal. Wow. Wilayah operasi hantu terpal di sepanjang jalan simpang Nipah Kuning sampai Jembatan Sungai Melano. Kebetulan juga, saat itu Jembatan Melano sedang dikerjakan.

Menurut warga Teluk Melano, Cik Jali, 47 tahun, mengaku tidak pernah berjumpa secara langsung hantu terpal. ”Namun kala itu di waktu subuh, saya akan berangkat melaut mendengar suara tanpa rupa. Adapun suara itu bersumber dari jalan yang masih lengang, seperti ada orang yang menyeret terpal,” kenang Cik Jali.

Cik Redi, 39 tahun , warga Teluk Melano, mengaku pernah berjumpa secara langsung hantu terpal itu. Namun Cik Redi tidak menyangka jika itu ternyata adalah hantu terpal. Ia melihat sosoknya berbusana serba hitam dengan menyeret terpal dari Jembatan Sungai Jambu. “Saya pulang usai menonton orkes di Nipah Kuning, waktu malam kala itu. Saya sapa namun sosok itu tidak menggubris. Sang hantu terpal tetap saja berjalan sambil menyeret terpalnya,” Cik Redi mengisahkan.

Kami mencoba untuk menelusuri keberadaan hantu terpal yang misterius beberapa tahun silam. WK Team datang ke makam yang diduga makam mayat misterius itu. Berdasarkan petunjuk warga kami menemukan banyak makam tua di sana, bahkan ada satu makam tanpa Maesan yang diduga itu makam mayat misterius tersebut.

FOTO Cik Jali dan Cik Redi menceritakan kisah hantu terpal Teluk Melano. MIFTAHUL HUDAWK

//FOTO: Cik Jali dan Cik Redi menceritakan kisah hantu terpal Teluk Melano. MIFTAHUL HUDA/WK

Aroma misterius dan angker menyeruak ketika kami memasuki areal makam tua itu. Ditambah lagi dengan lebatnya rerimbunan pohon yang membelit Maesan makam tua yang terkesan tak terawat. Wajar saja warga Teluk Melano tidak berani merambah areal itu. Sebab siang hari saja, bulu kuduk kami serasa merinding.

Ada satu gundukan tanah agak tinggi dengan lubang menganga yang membuat perhatian kami tersita. Kami menerka itu mungkin makam mayat misterius tersebut. Menurut penuturan warga sekitar,mayat yang ditanam tidak begitu dalam dan sempat terlihat terpal tersebut dari luar.

Hantu terpal sebuah cerita yang melegenda hingga saat ini di masyarakat Melano khususnya. Bukan tidak mungkin keberadaan hantu terpal pada saat ini juga masih ada. Kita sebagai umat beriman tetap meyakini hal ghaib. Termasuk keberadaan hantu sebagai cobaan dan dinamika kehidupan yang penuh misteri ini. (WK Team/MH)

Posted on 25 Oktober 2014, in Misteri and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: