Pelantikan BPD Kecamatan Teluk Batang


PELANTUKAN BPD TL BATANG WARTA  DESA

//FOTO: Bupati H Hildi Hamid melantik BPD tiga desa Kecamatan Teluk Batang di Gedung Serba Guna Teluk Batang, Jumat (29/8/2014). IRWANSYAH/WARTA KAYONG

TELUK BATANG, Warta Kayong

Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid, diadakan pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Masbangun, Banyu Abang, dan Sungai Paduan, Kecamatan Teluk batang, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Teluk Batang, Jumat (29/8/2014).

Acara ini dihadiri Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid beserta rombongan, satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) KKU selaku pembina desa, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) KKU, unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) Teluk Batang, Camat Teluk Batang. Kemudian tokoh masyarakat, agama, dan tokoh pemuda sekecamatan Teluk Batang.

Acara ini dilaksanakan untuk menyampaikan Surat Keputusan (SK) Bupati Kayong Utara, pengambilan sumpah jabatan BPD sekaligus pelantikan BPD yang dilakukan Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid.

Adapun anggota BPD yang diambil sumpah jabatannya dan yang dilantik ada tiga desa. Yaitu, Desa Masbangun diketuai Haidir, Desa Banyu Abang diketuai Junai, dan Desa Sungai Paduan diketuai oleh Mus Mulyadi. Semua BPD beranggotakan sembilan orang.

Jabatan serta tanggungjawab akan diemban sebagai anggota BPD selama 6 tahun untuk masa khidmat (pelayanan) 2014-2020.

Bupati Kayong Utara H Hildi Hamid dalam kata sambutannya menerangkan, anggota BPD yang dilantik ini adalah sebuah lembaga yang akan melaksanakan fungsi kepemerintahan desa. Anggota BPD ini wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah atau dusun. Dipilih atau ditetapkan secara demokratis setelah melewati berbagai tahapan.

Dilantiknya anggota BPD itu, memberikan ikatan formal kepada anggota BPD yang telah dilantik untuk menjalankan tugas selanjutnya, baik fungsi, hak, kewenangan, dan kewajiban untuk mengemban amanah yang telah diberikan masyarakat.

“Atas nama Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara,  saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota BPD yang baru dilantik,” kata H Hildi Hamid, Bupati Kayong Utara.

Bupati H Hildi Hamid juga berharap anggota BPD yang baru dapat bekerja bersama-sama dengan kepala desa (Kades), sesuai dengan fungsi dan tugasnya berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

“Hal ini perlu dilakukan mengingat bahwa tugas dan tanggungjawab pemerintah desa (Pemdes) ke depan dengan diberlakukannya UU nomor 6 tahun 2014 (UU 6/2014) tentang pemerintahan desa, pemerintahan desa benar-benar menjadi ujung tombak pembangunan suatu wilayah se-Kabupaten Kayong Utara,” tutur .

PELANTUKAN BPD TL BATANG WARTA  DESAA

Dikatakan dia BPD merupakan mitra sejajar Pemdes dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di desa. Kedua lembaga itu harus terjalin kerja sama dan koordinasi seimbang agar masing-masing lembaga dapat menjalankan tugas dan fungsi secara proporsional. Salah satu fungsi BPD untuk merumuskan dan menetapkan peraturan desa (Perdes) serta Rencana Pembangunan Desa (RPD) bersama-sama dengan Pemdes. Fungsi yang lain adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa kepada Pemerintah Desa.

Camat Teluk Batang, Sukarman berharap BPD tersebut bisa bekerjasama dengan Pemdes, bukan berarti tugas BPD itu mencari-cari kesalahan. Apalagi ada suatu upaya dari BPD itu untuk menggulingkan atau menjatuhkan kepala desa.

“Mudah-mudahan dengan adanya pencerahan yang disampaikan Bupati Kayong Utara, anggota BPD ini bisa bekerja secara maksimal dan dapat membuat suatu program-program ke depan. Tentunya untuk kesejahteraan masyarakat. Karena seperti yang diketahui sekarang di Kecamatan Teluk Batang yang ada tujuh desa namun belum ada satupun desa yang memiliki Peraturan Desa (PerDes),” papar Sukarman.

Sukarman mengharapkan peranan BPD bekerjasama Kades, dapat membuat minimal satu Perdes. “Yang ada sekarang hanya Perdes tentang keuangan atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” timpalnya.

Ia mengharapkan adanya Perdes-Perdes tentang lingkungan, standar pungutan untuk membikin surat keterangan tanah (SKT), dan lain-lain. Peraturan ini agar bisa dibuat BPD bersama Kades. Kemudian juga adanya saling koordinasi antara BPD dengan Kades. Termasuk berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

“Jangan sedikit-sedikit ada permasalahan di desa langsung koordinasinya ke BPMPDPKB atau Bupati alias potong kompas. Sedangkan kecamatan itu sendiri juga mempunyai tugas sebagai pembina di desa tersebut. Anehnya pihak kecamatan tidak tahu permasalahan di desa, sementara di tingkat kabupaten sudah mengetahui permasalahan di desa tersebut,” keluh Sukarman.

IRWANSYAH

Posted on 18 September 2014, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. *Request,
    Struktur Organisasi untuk BPD Teluk Batang terbaru.
    Thanks😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: