Pelangi di DPRD Kayong Utara


foto foto anggota dprd kayong utara 2014 2019

Merujuk pada perolehan suara Pileg 2014 untuk DPRD Kabupaten Kayong Utara (KKU) yang dilansir KPUD KKU, menyajikan fakta semua partai yang bertarung pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 kali ini mendapat jatah kursi di DPRD KKU, cuma jumlahnya saja yang bervariasi.

Terbanyak diambil Partai Demokrat dengan total empat kursi. Sedangkan yang mendapat satu kursi dipegang masing-masing Partai Hanura, PKPI, PKS, dan PBB.

Berbeda dengan Pileg 2009, partai peserta Pemilu 38 partai, sedangkan yang mendapat kursi di DPRD KKU hanya sepuluh partai. Kala itu, terbanyak ditempati Golkar dan PPD dengan empat kursi dan paling sedikit satu kursi ditempati PAN, Hanura, dan PDK.

“Komposisi anggota DPRD KKU kali ini cukup beragam dan sedikit merata. Ini baik untuk demokrasi di KKU,” ujar Musriani, tokoh pemuda desa Nipah Kuning kecamatan Simpang Hilir, sembari berharap kepada calon legislatif (Caleg) terpilih supaya pembangunan terarah dengan memandang skala prioritas bukan keuntungan semata.

Dikatakannya pembangunan yang tepat guna. “Selain itu pula, produk Peraturan Daerah (Perda) KKU diduga masih banyak yang memberi peluang keuntungan pihak luar dan yang berkepentingan, baik individu maupun kelompok bukan untuk kesejahteraan masyarakat,” kritik Musriani.

Beberapa anggota DPRD KKU hasil Pileg 2009 ada yang akhirnya tak dapat lagi ikut berkompetisi dalam Pileg 2014 ini. Rata-rata mereka harus “lompat pagar” ke partai lain untuk bisa bertarung. Sebut saja Suyanto (PBR) yang pindah ke PAN, Yulisman (PBR) menggunakan perahu PKPI. Kemudian Haripin, Namrun Leru, dan Indra Riduani (PPD) kompak hengkang ke PKB. Sementara Akhmad Suandi (PDK) maju dengan bendera PKPI. Legislator incumbent (petahana) yang berhasil buah dari “lompat pagar” ini, Haripin dan Indra Riduani.

Dengan hasil ini, tentu menghasilkan komposisi legislatif yang lebih beragam, lebih berwarna bak pelangi. Ke-25 kursi DPRD KKU masa khidmat (pelayanan) berasal dari 12 partai politik (Parpol), rinciannya sepuluh kursi merupakan legislator petahana, sisanya 15 kursi disabet pendatang baru atau legislator debutan.

Keterwakilan perempuan kali ini membaik dengan mengirim dua anggota legislatif, satu dari Golkar atas nama Kuspandiah SSos (Dapil 4) dan satu dari PAN atas nama Leni Yuniati (Dapil 3).

Kemudian dari 12 parpol yang mengambil peran di DPRD KKU masa khidmat 2014-1019, lima di antaranya debutan di DPRD KKU. Selebihnya, sebanyak tujuh Parpol petahana karena pernah mengirimkan politisinya di gedung dewan masa bakti 2009-2014.

Mengacu kepada undang-undang nomor 27 tahun 2009 (UU 27/2009) tentang MPR, DPR-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota (MD3) diperkirakan akan terbentuk enam fraksi. Kalkulasi, Demokrat, PKB, Partai Nasdem, dan PPP berpeluang membangun fraksi utuh atau sendiri, sementara sisanya paling banyak hanya akan melebur dalam dua fraksi  gabungan. Padahal sebelumnya DPRD KKU hanya mempunyai empat fraksi, rinciannya dua fraksi utuh dan dua fraksi gabungan.

Masa khidmat 2009-2014, Partai Golkar menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD KKU, sedang wakil Ketua DPRD KKU diraih kader Partai Demokrat dan PPD. Memasuki masa khidmat 2014-2019, Partai Demokrat bisa masuk sebagai Ketua dalam unsur pimpinan, didampingi Partai PKB dan Partai Nasdem sebagai wakil ketua.

Rona pelangi khas keragaman yang tercermin di DPRD KKU sekarang, diharapkan lebih dinamis. Berasal dari latar belakang Parpol, wawasan, serta pemahaman yang berbeda, memberikan harapan para legislator KKU akan menghasilkan output (keluaran) yang lebih teruji. Apalagi telah melewati proses penyaringan ketat hingga sampai ke gedung dewan, sehingga lebih aspiratif dan responsif terhadap permasalahan yang akan dihadapi rakyat lima tahun ke depan.

ISYA FACHRUDI

 

 

 

Posted on 18 September 2014, in Politik and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: