“Seni Budaya Lokal Adalah Bagian Dari Semangat Suatu Bangsa”



seni budaya lokal
Ayo yang cinta produk seni budaya lokal silahkan angkat tangan !…. owwwww. … mengesankan … saya tak tau berapa orang yang tunjuk tangan dengan hati yang tulus betul betul cinta dengan seni budaya Lokal kita, semoga saja anggapan saya salah. Kurangnya minat dari para generasi muda membuat pamor seni budaya lokal makin ketinggalan sehingga ada anggapan bahwa yang hobi dengan hal hal jadul itu ya hanya orang tua tua, kalau anak muda Ya gauuul meeennn,…hehehehhehe… kira kira gimana benar atau tidak anggapan itu ?.. silahkan di nilai sendiri …, ya kita maklum generasi muda saat ini terutama yang sukanya ikut ikutan alias tak punya Prinsip/tak berkarakter/tak punya basic Iman, mereka bisanya ngekor san dan ngekor sini.

Liat teman temannya gaul metal dia juga ikut metal, liat temanya gaul ngoplo dia juga ikut koplo, liat temannya gaul ngerock dia ikut ikutan rock, liat temannya gaul Ngelem dia juga ikut ikutan lem, katanya siiih…. Biar kereeen atau biar di segenai,,,, atau Biar tak ketinggalan Zaman,,… atau biar gaul dan tetek bengek yang lain yg membuat ia seolah olah di anggap serba wah oleh teman teman dan lngkungannya. Nah di tambah lagi ini sekarang malah ada Figur pejabat yang baru baru ini malah ikut ikutan bermetal ria di Djakarta, bukannya tidak boleh, sebenarnya boleh boleh saja sih, tapi liat kapasitas dan kabilitas siapa kita dan di mana posisi kita, kita pnya hak yang sama untuk menentukan arah hidup kita, mau cebur parit mau gantung diri mau apa kek silahkana saja, asalkan saja itu untk pribadi kita dan tidak berefek luas secara moral maupun sosial,…ingat secara Pribadi yaaaa, kalau mau minum/ngelem ya jangan ngajak temannya/di jembatan, pergi aja di dalam hutan sendirian bawa obat nyamuk terus ngelem atau mabuk sampai nyosorpun siahkan, itu insyaala efeknya Cuma pribadi saja, tapai lain cerita jika sudah ngumpul ngumpul kemudian bersama sama ngelem atau mabuk, tentu bias sosial akan lebih luas.

jamhari ssb

Ya sudah kita maklumi saja sama anak anak muda sekarang yang begituan, itu mungkin bagian dari proses pencarian jati diri mereka, hanya kebetulan saja lewat proses semacam itu, kita do`akan semoga Jati dirinya cepat ketemu dan kalau udah ketemu insyaallah cepat insyaf. Amieen, KEMBALI kepada pembahasan Awal seni budaya Lokal, jujur saja ayo coba tanyakan dengan diri kita sendiri stiap event baik ceremonial perkawinan atau apapun bagaimanakah menurt kawan kawan kawan tentang ciri khas budaya lokal kita ?… ….sialhkan di jawab di wall komen nanti juga boleh. Kalau nurut pengamatan, selama ada event yg contohnya sering kita jumpai yakni walimahan, berapa persenkah Budaya lkal kita tampil ?.

Seperti budaya lokal melayu kita seperti Syair Gulung, pencak Silat, Rebana, Jpin/ rodad?.. jawabannya saya mulai dari 70 % saja, atau 50 % atau 30 % atau 10 % ? atau yang lainnya ?… silahkan bantu jawab di wall cment juga.. hehehhe, terus kemudian coba survey pada pengguna HP, lihat dan perhatikan kebiasaanya membuka file misal musik kesukaanya, apakh yang ia buka. Dan kira kira lagu lagu senandung melayu/ciri khas budaya lokal melayu berapa persen kah yang ia putar ?…, bantu juga tolong di jawab…..!, hehehhehe .. terus yang terakhir lihat dan perhatikan sekitar kita, berapa Persen kah grup seni budaya lokal yang tumbuh berkembang ?…. coba bandingkan dengan Grup Band atau Grup Metal. Kira kira mana lebih laku dan ngetren ?… coba jawab dengan jujur, dan setelah semua terjawab mari kita renungkan sama sama ada apa sebenarnya dengan seni budaya lokal kita, inikah yang di namakan krisis seni budaya ?. inikah yang di namakan pergeseran seni budaya ?…terus siapakah yang bertanggung jawab atas ini semua?.. pemerintah/anak muda/seniman/dll, ?…. ahhh ini salah kita semua, karena kita terlena oleh arus moderenisasi yang tidak kita sadari menyeret nyeret kita jauh dari adat budaya kita yang sesungguhnya.
Kemudian pertanyaan Besarnya adalah, SEBERAPA PENTINGKAH SENI BUDAYA LOKAL ?… & APA EFEKNYA BAGI KEHIDUPAN KITA SEHARI HARI ?…, ini pertanyaan besar yang jawabannya sangat panjang yang tidak bisa saya uraikan di sini, karena tangan saya udah capek nulis, hehheheh. Baik saya akan kupas sedikit efek dari pergeseran seni budaya lokal tersebut akan berakibat juga pada pergeseran pola hidup dan kehidupan adat istiadat dan kebiasaan masyarakat kita. Misal yang tidak biasa menjadi biasa, yang tabu menjadi tidak tabu, yang malu menjadi tidak malu, yang di anggap aib di anggap tidak aib, dsbg… contoh nyata silahkan di amati saja apa yang terjadi di lingkungan sekitar kita, saya kaina pembaca lebih peka dan paham apa yang penulis maksudkan.
Maka untuk itu yang terakhir kalinya kami mengajak kepada semue teman facebooker dan para pembaca untuk kembali mencintai produk seni budaya lokal kita demi keutuhan payung sosial dan tatanan hidup dalam bermasyarakat. ( 27/08/2013. M.H.) PROFIL : this Linkhttp: http://www.filmkalbar.wordpress.com/ / KREATIVITAS AND VIDEO FILM: This Link http://www.youtube.com/studiokayong . SMP ARSIP : This link http://smeentertaintment.multiply.com/www.klinikstudio.wordpress.com

Posted on 8 Agustus 2014, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. 65% koleksian lagu di hp ku adlh lagu melayu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: