SEMARAK KETUPAT, PAWAI TAKBIR HARI KEMENANGAN DIGELAR


Bersihkan Sebagian Harta, Serukan Menabung Untuk Akhirat.

Setiap tahun Remaja Masjid Jami’ Babul Hasanah di Desa Rantau Panjang Kec. Simpang Hilir KKU mengelar Pawai Takbir. Idul Fitri (27/07/2014) malam kali ini tak luput dari kegiatan serupa, sebab ini menjadi agenda rutin kami remaja masjid, ungkap Wirliyadi salah satu pengurus Remas Babul Hasanah.

Sepasang pria yang berhias layaknya Sang Habib

Sepasang pria yang berhias layaknya Sang Habib

Kegiatan ini dilakukan sejak 8 tahun yang lalu. Di Kayong Utara, Rantau Panjang termasuk perintis pertama kegiatan seperti ini. Untuk memeriahkan Kegiatan ini mobil dihiasi sedemikian rupa sehingga kelihatan seperti arak-arakan penganten pria menuju rumah mempelai wanita. Mobil hiasi dan diisi beduk, sound system dan orang-orang yang tak henti-hentinya melafazdkan asma-asma Allah yang diiringi pukulan beduk dan perlengkapan seni lainnya, masyarakat sepanjang perjalan sangat antusias menyaksikan Pawai Takbir kali ini, karena diatas mobil selain diisi berbagai peralatan perlengkapan takbir, dimobil tersebut juga ada sepasang pria yang berhias layaknya Sang Habib yang memakai serban serta berjenggot hitam & jenggot putih yang sangat panjang, masyarakat merasa terhibur dengan kehadiran kedua Remaja tersebut, layaknya seorang Habib mereka terus tersenyum & melambaikan tangannya kearah masyarakat yang berdiri dipingiran jalan. Hal ini merupakan pentas seni remaja Islam Rantau Panjang yang patut diacungi jempol karena kreativitas mereka.

Arakan Menaiki Jembatan Melano

Arakan Menaiki Jembatan Melano

Werly sapaan akrab Werliyadi menjelaskan, Rute perjalanan Pawai Takbiran ini dimulai dari Pos Sat Lantas Rantau Panjang (jalan Provinsi) menuju Bundaran Bambu Runcing Tl. Melano kemudian finish di Kantor Camat Simpang Hilir. Sedangkan kendaraan yang di pergunakan yaitu mulai dari roda dua, roda empat (pick up) bahkan ada teman-teman yang ikhlas berjalan kaki mendatangi rumah-rumah demi menumbuhkan semangat masyarakat Islam untuk berinfaq khususnya hingga ke titik finish rute perjalanan yang telah ditentukan. Semua ini mereka lakukan dengan swadaya dan keikhlasan hati, dengan ucapan Tasdik, Tahmid dan Tahlil, mereka kumandangkan untuk menyampaikan rasa syukur atas kemenangan yang diraih selama Ramadhan.
Selain menyemarakan Hari Raya Islam, kegiatan ini ialah dalam rangka penggalangan dana (infaq) untuk pembangunan Masjid Babul Hasanah yang sedang dalam proses pembangunan, mengingat kondisi fisik bangunan masjid yang berdiri sejak tahun 1946-an tersebut sudah dalam kondisi memprihatinkan. Tentu perlu adanya kerjasama dan langkah-langkah positif dari Panitia Pembangunan, Remas dan kita semua, jelas Zamroni dan Muhammad H.R selaku bendaharawan Pembangunan Masjid Babul Hasanah.

Kerangka Masjid Babul Hasanah dalam kondisi memprihatinkan

Kerangka Masjid Babul Hasanah dalam kondisi memprihatinkan

Selaku masyarakat patutnya kita harus mendukung langkah positif Remas dan Panitia Pembangunan tersebut, mengingat pembangunan Masjid Jami’ Babul Hasanah sangat membutuhkan dana pembangunan yang cukup besar, maka sangatlah dibutuhkan dukungan kita semua. Ada dua Momen kegiatan ini dilakukan dalam setahun, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha tentu ini bukan menjadi batas penentu kita dalam berpartisipasi (berinpaq) demi terwujudnya pembangunan yang kita cita-citakan bersama, sebab Masjid adalah simbol Agama kita umat Islam, Simbol kejayaan dan persatuan umat Islam. Karena itu tanggung jawab kita semua untuk mewujudkan impian tersebut. Jika ada kelebihan rezki, jangan tunggu Idul Fitri atau Idul Adha saja baru bersedekah/berinfaq, kesempatan itu selalu terbuka disetiap saat, sebab dengan berinfaq berarti kita telah berivestasi (menabung) untuk akhirat, dan membersihkan sebagian Harta kita, isya Allah. Bagi Rakyat Pembaca jika ingin menabung untuk Akhirat dan Ingin Membersihkan sebagian Harta anda, silahkan Bersihkanlah dan Tabunglah sebagian Harta anda Ke Rening Pembangunan Masjid Jami’ Babul Hasanah, Bank KALBAR : 7321043113 agar anda dijauhkan dari kemungkaran, Insyaa Allah Amiiiin. (Jelas Pak Haji Salim selaku Imam Masjid Jami’ Babul Hasanah).

REKENING MASJID JAMI BABUL HASANAH 1

Selain menghibur, kegiatan Pawai Takbir ini bernilai Ibadah dan bermanfaat buat umat Islam. Sebuah mobil dan puluhan sepada motor yang ikut dalam Pawai Takbir Idul Fitri tersebut benar-benar turut memeriahkan Hari Raya Kemenangan bagi umat Islam sedunia ini. Semangat perjuangan mereka telah teruji demi langkah mereka untuk meraih pahala. Mereka mungkin tidak mampu membantu pendanaan Pembangunan Masjid ini melalui Infaq materi (uang), tapi mereka memiliki solidaritas yang tinggi, dan sebagai relawan mereka telah ikut membantu dan berinfaq untuk mewujudkan cita-cita kita dalam pembangunan Masjid ini. Semangat Solidaritas mereka nyata, mulai dari waktu, tenaga, pikiran bahkan materi mereka berikan demi terwujudnya Pembangunan Masjid ini. Dan inilah pesan Idul Fitri sesungguhnya kemenangan akan terwujud. Niat yang tulus, Hati yang Ikhlas serta Rasa Kebersamaan Se Iman dan Se Agama yaitu ISLAM. ( Ir )

About wartakayong

Media Resmi Seputar Kayong web: www.wartakayong.com jika ingin Mengcopy Berita, Konten & Tulisan Di sini Silahkan Izin ke kami, atau menyertakan sumber berita. email : wartakayong@gmail.com/ Hp 085246595000

Posted on 28 Juli 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: