Peduli Gaza, Kayong Peduli Umat KKU Lakukan Aksi Galang Dana


kpu kku merc warta kayong untuk gaza

Sukadana – Peduli terhadap penderitaan rakyat Gaza (Palestina), kemaren, Selasa (15/7/2014), berbagai elemen masyarakat Kayong Utara yang tergabung dalam komunitas Kayong Peduli Umat (KPU), melakukan aksi penggalangan dana. Dengan motor utama aksi, yaitu media Warta Kayong (WK).

Aksi yang dilakukan di dua titik, di Bundaran Durian dan Simpang Empat Sukdana. Kemudian aksi mendatangi sejumlah instansi Pemerintah KKU, membuahkan hasil yang luar biasa. Antusias masyarakat sangat tinggi. Jumlah dana yang terkumpul mencapai angka Rp. 10 juta lebih. Dengan angka ril, yaitu Rp. 10.080.100,00. Sebuah angka yang tak pernah terjadi sebelumnya.

“Biasanya, satu hari penggalangan dana yang biasa kami lakukan, hanya mampu mengumpulkan dana kurang dari Rp. 5 juta. Hari ini luar biasa,” ungkap syukur Miftahul Huda, relawan KPU.Anak-anak Gaza Korban Israel

Isya Fachrudi, Koordinator Penggalangan Dana menjelaskan. Aksi ini mereka lakukan, merupakan wujud nyata kepedulian mereka kepada sesama. Apa lagi yang kita bantu adalah masyarakat yang kondisinya sedang tertindas, dijajah, di bombardir bangsa penjajah tanpa prikemanusiaan. Ratusan jiwa merenggang nyawa. Ribuan orang merintih kehilangan anggota tubuhnya, kehilangan tempat tinggalnya akibat rudal Israel.

Ica, sapaan akrab Isya Fachrudi, menegaskan. Bahwa, berapa pun hasil yang di dapat dari penggalangan dana yang mereka lakukan, dana tersebut akan utuh diserahkan kepada rakyat Pelestina melalui Mer-C. Jadi tidak ada pemotongan sepeser pun untuk biaya/kepentingan relawan. Jika sudah terkumpul dalam waktu yang telah kami sepakati, dana tersebut langsung kami transfer ke rekening Mer-C.


kpu kku merc warta kayong untuk gaza 1

Pembuatan spanduk, baleho, pamphlet, brosur, transportasi relawan dan lain-lain, lanjut Ica, itu murni dari swadaya atau dari saku pribadi relawan. Tidak ada satu rupiah pun kami gunakan dana dari para dermawan. Masyarakat dapat mengecek kebenaran tersebut di blog kami www.wartakayong.wordpress.com, atau di grup facebook ‘Kayong Peduli Umat’. Kemudian, kami akan membuat laporan terbuka, dipublikasikan di tempat-tempat umum. Sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung, berapa jumlah dana yang didapat, dan kemana dana tersebut digunakan, terang Ica.kpu kku merc warta kayong untuk gaza 221211

Lebih lanjut Ica memaparkan. Bahwa rencana penggalangan dana yang dilakukan komunitasnya, yaitu selama empat hari. Hari pertama, aksi dilakukan di Ibukota Kabupaten Kayong Utara (KKU), Sukadana. Hari ini (16/7/2014), di Teluk Melano, Ibukota Kecamatan Simpang Hilir. Tanggal 17 Juli, Insya Allah dipusatkan di Teluk Batang. Kemudian, 18 Juli aksi dilakukan di Seponti, oleh Komunitas Anak-anak Seponti, pimpinan Ahmad Sai’an dan Mukmin Yafantoni.kpu kku merc warta kayong untuk gaza 21

Perlu kita sadari, bahwa Palestina merupakan Negara yang sangat peduli dengan nasib bangsa dan Negara Indonesia. Negara yang pertama sekali mengakui kemerdekaan dan kedaluatan bangsa ini adalah Palestina. Saat bangsa kita ditimpa musibah, Palestina sebagai negeri terjajah saja, mampu menyumbangkan materi/bantuannya untuk kita. Pantaskah kita membiarkan nasib mereka, saat mereka sedang teraniaya dan menderita? Terhdap binatang yang teraniaya saja kita masih memiliki belas kasihan. Apa lagi terhadap manusia kan? Pungkas Ica.

Yang terjadi Palestina tidak bisa kita simpulkan sebagai perang agama, suku, ras, etnis atau golongan semata, namun ini merupakan kejahatan terhadapan kemanusiaan. Tidak hanya umat Islam yang jadi korban kebiadaban Zionis Israel, namun Kristen dan sejumlah agama lain pun menjadi bulanan dan korban kekejaman Israel, termasuk etnis mereka sendiri. Kerena itu, semua bangsa, agama atau masyarakat dunia mengecam agresi Israel terhadap Gaza – Palestina saat ini.

Bagi umat Islam khususnya. Tentu ini merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan keimanan dan amaliyahnya. Beramal tentu tidak hanya sebatas ibadah ritual (sahalat, puasa, zakat dan haji) semata. Sadakah/berinfaq/menyumbang untuk meringankan beban dan penderitaan orang lain, adalah bagian dari amal jariyah kita pula. Sebab, manusia yang baik, ialah orang yang bermanfaat buat orang lain.kpu kku merc warta kayong untuk gaza 121

Sebagai perpanjangan tangan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Sebab hasil aksi hari ini, merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi aktif masyarakat KKU dan sekitarnya. Kerja keras para relawan. Sehingga berbuah hasil gemilang. Semoga yang saudara lakukan hari ini, kelak menjadi catatan pahala disisi Tuhan Yang Maha Esa. Dilipatgandakan rizkinya oleh Allah Yang Maha Pemberi, “Papar Ica.”

Selama lebih kurang dua jam aksi penggalangan dana, rangkaian kegiatan tersebut mereka tutup dengan buka puasa bersama, di rumah kediaman Isya Fachrudi, di Sungai Mengkuang Sukadana. (Has)

Posted on 16 Juli 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: